Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Mengenal Perintah dalam DOS

Apa yang dimaksud dengan DOS dan Perintah-perintah apa saja yang ada di DOS?

Pengertian DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi yang digunakan pada komputer IBM PC dan kompatibel dengan MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) sebagai implementasi yang paling umum. DOS adalah sistem operasi berbasis baris perintah yang populer pada tahun 1980-an dan 1990-an.

DOS menggunakan antarmuka baris perintah (command-line interface) di mana pengguna berinteraksi dengan sistem menggunakan perintah-perintah teks


Mengenal perintah dalam ms dos
Tampilan DOS

Dalam sistem operasi DOS, terdapat dua jenis perintah, yakni: 

  • Perintah internal (internal command), yakni perintah-perintah yang telah dimasukkan ke dalam (interpreter perintah DOS), sehingga dapat langsung dieksekusi oleh kernel DOS, di mana saja.
  • Perintah eksternal (external command), yakni perintah-perintah yang membutuhkan sebuah berkas yang dapat dieksekusi (berupa program DOS) yang harus terdapat dalam direktori aktif.
Berikut ini adalah beberapa perintah DOS yang umum digunakan:
  1. DIR: Perintah ini digunakan untuk menampilkan daftar file dan folder di dalam direktori saat ini. Contoh penggunaan: DIR.
  2. CD: Perintah ini digunakan untuk mengubah direktori kerja atau berpindah ke direktori lain. Contoh penggunaan: CD C:\Windows akan berpindah ke direktori "C:\Windows".
  3. MD: Perintah ini digunakan untuk membuat direktori baru. Contoh penggunaan: MD Documents akan membuat direktori bernama "Documents" di dalam direktori saat ini.
  4. RD: Perintah ini digunakan untuk menghapus direktori kosong. Contoh penggunaan: RD Documents akan menghapus direktori "Documents" jika direktori tersebut kosong.
  5. COPY: Perintah ini digunakan untuk menyalin file. Contoh penggunaan: COPY file1.txt file2.txt akan menyalin "file1.txt" menjadi "file2.txt".
  6. DEL: Perintah ini digunakan untuk menghapus file. Contoh penggunaan: DEL file.txt akan menghapus file bernama "file.txt".
  7. REN: Perintah ini digunakan untuk mengubah nama file. Contoh penggunaan: REN old.txt new.txt akan mengubah nama "old.txt" menjadi "new.txt".
  8. TYPE: Perintah ini digunakan untuk menampilkan isi teks dari suatu file. Contoh penggunaan: TYPE file.txt akan menampilkan isi dari file "file.txt".
  9. FORMAT: Perintah ini digunakan untuk memformat disket atau drive. Contoh penggunaan: FORMAT C: akan memformat drive C.
  10. CHKDSK: Perintah ini digunakan untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada disk. Contoh penggunaan: CHKDSK C: akan memeriksa drive C dan memperbaiki kesalahan jika ditemukan.
  11. EXIT: Perintah ini digunakan untuk keluar dari Command Prompt atau mengakhiri sesi DOS. Contoh penggunaan: EXIT.


Perintah-perintah di atas hanya merupakan contoh beberapa perintah DOS yang umum digunakan. Terdapat banyak perintah lainnya yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti manipulasi file, pengaturan sistem, manajemen pengguna, dan sebagainya. untuk lebih jelasnya baca juga Penggunaan Perintah dalam DOS. Jika ada kendala atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.


Semoga bermanfaat...!!!


Baca juga
close
close