Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Memperbaiki Kesalahan Data PTK Dapodik di VervalPTK

Kesalahan pada data PTK,GTK baik Guru maupun Tenaga Kependidikan sering kali terjadi di Dapodik. Penyebabnya yaitu kesalahan saat input awal pertama kali Data PTK tersebut atau kesalahan input saat update atau pembaharuan data. 

Di dalam Aplikasi Dapodik, ada 2 jenis data yang berkaitan dengan PTK maupun Peserta Didik. Yaitu Data Master dan Data Penunjang. Data Master yaitu data yang tidak bisa diubah secara langsung di Aplikasi Dapodik dan yang mengubahnya juga harus Operator itu sendiri. Karena Login untuk mengubah dan mengedit data master PTK masih menggunakan akun yang didaftarkan oleh  Operator Sekolah. 

Sedangkan untuk data Penunjang, perbaikannya bisa dilakukan langsung di Aplikasi Dapodik.  Dan semestinya yang harus memperbaiki data tersebut adalah PTK yang bersangkutan. Apalagi sekarang di Dapodik sudah disediakan Akun dan Verifikasi PTK untuk Login ke Aplikasi Dapodik lokal maupun Database server dapodik pusat. 

Cara memperbaiki kesalahan Data PTK GTK seperti Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, NIK, dan Nama Ibu Kandung bisa dilakukan melalui Laman VervalPTK atau kependekan dari Verifikasi dan Validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 

Sebelum memperbaiki kesalahan pada data master PTK, Operator Sekolah terlebih dahulu harus mempersiapkan file atau dokumen yang akan dilampirkan dalam bentuk gambar berformat Jpg atau Png. 

Untuk memperbaiki kesalahan Nama, tanggal lahir, tempat lahir, jenis kelamin dan NIK PTK, dokumen yang bisa dilampirkan yaitu Akte Lahir, bisa juga menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau dokumen yang berkaitan dengan keterangan kelahiran PTK tersebut. Sedangkan untuk memperbaiki kesalahan pada nama IBU Kandung bisa menggunakan KK atau Kartu Keluarga. 

Dokumen yang akan dilampirkan harus Asli, tidak boleh foto copy. Kemudian scan atau bisa juga ambil gambar/foto dokumen tersebut dan simpan dalam bentuk jpg atau png. Ukuran Dokumen tidak boleh lebih dari 2 Mb dan gambarnya juga harus jelas dan bisa dibaca dengan baik.      

Setelah Mempersiapakan dokumen-dokumen yang akan dilampirkan diatas, berikutnya kita akan menuju ke cara-cara memperbaikinya.

CARA MEMPERBAIKI KESALAHAN DATA PTK DI VERVALPTK


2. Login dengan menggunakan Akun Operator yang sudah di daftarkan. ( Login ini ada yang sama dan ada yang berbeda dengan login akun operator sekolah, jika belum ada akun untuk login silahkan daftar di sdm.data.kemdikbud.go.id, atau hubungi operator dinas pendidikan setempat)

Memperbaiki tanggal lahir PTK GTK
Login Menggunakan Akun OPS
 
3. Pada menu Beranda pilih Perbaikan Identitas

cara perbaikan nama ibu kandung guru PTK
Pilih perbaikan Identitas

4
. Pilih PTK yang akan diperbaiki datanya, kemudian geser atau tarik kursor ke sebelah kanan kemudian klik Perbaikan

5. Inputkan data-data PTK yang akan diperbaiki datanya sesuai dengan dokumen yang ada.

Cara Memperbaiki nama dan tanggal lahir PTK GTK
Inputkan Data PTK yang akan diperbaiki

6. Klik Pilih Berkas, seperti gambar diatas.
(Jangan lupa untuk melampirkan dokumen PTK yang diperbaiki, jika yang diperbaiki adalah tanggal lahir maka bisa melampirkaakte kelahiran, jika NIK yang salah bisa menggunakan KTP, jika nama Ibu bisa menggunakan Kartu Keluarga). 

7. Kemudian pilih berkas yang akan di upload,  tunggu beberapa saat hingga file selesai di upload dan kemudian klik ajukan.

8. Proses perbaikan data ini tidak bisa langsung berubah atau langsung berhasil, tapi harus menunggu terlebih dahulu approve atau persetujuan dari operator dinas. Operator dinas akan mengecek kesesuaian data yang diedit dengan dokumen yang dilampirkan. (Segera hubungi operator dinas jika sudah selesai melakukan perbaikan data)

9. Operator sekolah bisa mengecek proses perbaikan data sudah deisetujui atau belum dengan mengklik : Status Perbaikan

10. Disana akan terlihat status perbikannya apakah Perbaikan Disetujui, ditolak atau antrian. Seperti gambar dibawah:
 
cara edit data guru ptk di verval ptk
Status Perbaikan Data PTK

11. Jika sudah disetujui, lakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik. (Perubahan perbaikan data melalui verval biasanya memakan waktu maksimal 3 hari sampai bisa masuk ke Database Dapodik)

Baca juga: 


Itulah langkah-langkah memperbaiki Nama, tanggal lahir, tempat lahir, jenis kelamin, NIK dan Nama Ibu Kandung untuk Guru PTK GTK Tenaga Kependidikan di verval ptk. Mudah-mudahan bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!! 
Baca juga
close
close