Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Memperbaiki NISN NIK Peserta Didik di Verval PD

Bagaimana cara memperbaiki atau mengubah data Dapodik yang salah?

Verval Pd atau kependekan dari Verifikasi dan Validasi Peserta Didik digunakan untuk memverifikasi atau memperbaiki kesalahan-kesalahan entry data Peserta Didik. Perbaikan data di Verval Pd biasanya meliputi Nama, NIK. NISN, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama IBU Kandung dan Jenis Kelamin. 

Data peserta didik yang salah atau tidak sesuai dengan dokumen yang ada tentu saja akan menyebabkan data peserta didik tersebut invalid. Dan invalidnya data tersebut memberikan banyak pengaruh, antara lain yaitu dalam penentuan dana BOS yang akan diterima oleh sekolah, dll.

Oleh sebab itu operator diharuskan untuk memperbaiki atau mengubah data yang invalid tersebut sesuai dengan dokumen yang ada. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk memperbaiki dan mengubah data peserta didik, Nama, NISN, Tempat Tanggal Lahir dan Nama Ibu di Vervalpd.

Langkah-langkahnya yaitu :

1. Buka alamat website: vervalpdnew
2. Login menggunakan Username dan Password SSO yang sudah didaftarkan di SDM Kemdikbud atau sudah didaftarkan melalui Operator Dinas.  
3. Ada beberapa menu yang tersedia di verval pd, antara lain Menu Beranda, Peserta Didik, Residu, Edit NISN, dan Edit Identitas. 

Di Beranda kita akan melihat beberapa data yang berupa diagram atau grafik yang berisi tentang: Residu Peserta Didik, Pengajuan perubahan data dan Jumlah peserta didik berdasarkan jenis kelamin dan tingkat. Berikut keterangan tentang diagram tersebut:

Cara Memperbaiki NISN Peserta didik Ganda
Beranda Verval PD
  • Residu Peserta didik: Data peserta didik yang tidak valid bisa kita lihat disini. Jika seluruh diagram berwarna hijau maka semua data peserta didik sudah valid. Tapi jika diagram ada yang berwarna merah maka ada data data peserta didik yang harus diperbaiki. Bisa jadi ini terjadi kesalahan di NISN, Nama, Rombel, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu kandung atau NIK. Untuk lebih lengkapnya tentang detail kesalahan bisa kita lihat di Menu Residu.
  • Pengajuan Perubahan Data: Tempat dimana kita melihat perubahan-perubahan peserta didik yang kita ajukan. Warna Biru menunjukkan Jumlah data yang kita ajukan, warna hijau jumlah data yang disetujui pengajuannya dan warna merah jumlah data yang ditolak. Data yang ditolak biasanya terjadi karena kesalahan dokumen yang di upload, atau bisa jadi dokumen yang diupload sudah benar tetapi tidak bisa dibaca dengan baik.
  • Jumlah Peserta Didik Berdasarkan Jenis Kelamin dan Tingkat: Dari tabel ini kita bisa melihat Jumlah Keseluruhan Siswa Berdasarkan Jenis Kelami dan tingkatan rombel/kelas.

4. Jika ada data yang invalid, kita bisa melihat rinciannya dengan mengklik menu Residu
 
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, menu residu digunakan untuk mengetahui data peserta didik yang belum valid. 

Memperbaiki NIK Peserta didik Ganda Kosong
Residu Verval PD

Gambar diatas menunjukkan data peserta didik yang belum valid ditandai dengan tanda silang X Merah. 

5. Setelah dicek data yang invalid, selanjutnya kita akan memperbaiki data yang invalid tersebut dimulai dari perbaikan NISN peserta didik.

Cara Memperbaiki NISN Peserta didik Kosong dan NISN Ganda

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah Nomor Identitas yang diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

NISN yang invalid di verval pd biasanya adalah NISN kosong yaitu Peserta Didik tidak ada NISN nya. Jika terjadi hal ini atau tunggu hingga 3 hari ke depan, karena NISN akan secara otomatis diberikan oleh PDSPK. Namun jika NISN tersebut belum juga muncul, segera hubungi Operator Dinas.

Dan yang kedua adalah NISN Peserta Didik terdeteksi ganda, artinya NISN tersebut dimiliki oleh lebih dari satu orang. Jika terjadi NISN Peserta Didik ganda, cara memperbaiki NISN ganda tersebut yaitu cek terlebih dahulu NISN nya di tab quality control di VervalPD. Disana akan terlihat data NISN tersebut ganda dengan Sekolah mana. Kemudian cek juga NISN nya secara online melalui laman: https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

Jika NISN tersebut bukan NISN Peserta didik yang ada di sekolah anda, Operator sekolah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk membuat surat keterangan yang menyatakan bahwa NISN yang benar adalah NISN yang ada pada laman nisn.data. kemdikbud.go.id. dan hubungi operator dinas untuk pengajuan NISN baru. 

Dan sebaliknya jika NISN tersebut adalah NISN siswa yang berada di sekolah anda, ajukan perbaikan NISN yang akan dipakai dengan melampirkan scan dokumen ijazah yang mencantumkan NISN tersebut melalui aplikasi verval PD. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Pilih Menu Edit NISN, kemudian 
  • Pilih Siswa pada kolom daftar siswa yang akan di edit NISNnya atau yang akan di klaim NISNnya. 
  • Setelah dipilih siswa yang akan di edit NISNnya, kemudian muncul tabel Data NISN Saat Ini yang berada di arsip
Cara klaim NISN Siswa
Input NISN Siswa yang akan di Klaim
  • Isikan NISN Baru atau NISN yang akan diklaim, 
  • Klik tombol “Cek Data Master”. 
  • Kemudian akan muncul “Tabel Indeks Kemiripan”. 
  • Pada tabel tersebut akan ditampilkan indeks kemiripan data arsip NISN Baru atau NISN yang akan diklaim dibandingkan data arsip NISN Lama atau yang sedang digunakan saat ini. 
  • Menu Update Data akan terbuka jika indeks kemiripan (keseluruhan) lebih dari 80”. Apabila Indeks Kemiripan 80 ke bawah maka tidak dapat Upload Dokumen Pendukung (Ijazah atau Print Screen NISN). 
  • JikaIndeks Kemiripan lebih dari 80 maka dapat Upload Dokumen Pendukung dan dapat Update Data. 
  • Kemudian lakukan Update Data
  • Data pengajuan edit NISN yang di update kemudian akan masuk ke Tabel Pengajuan Edit NISN. Di dalam tabel tersebut tertera kolom Tanggal Pengajuan, NISN Lama, NISN Baru, Nama Siswa, Status Pengajuan, dan Keterangan. 
  • Selanjutnya menunggu persetujuan dari PDSPK.
6. Memperbaiki dan mengubah identitas peserta didik yang meliputi: 
Nama, NIK, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung dan Jenis Kelamin.

Cara Memperbaiki NAMA, NIK, Tempat, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung Peserta Didik
  • Klik Menu Edit Identitas
  • Cari Nama Peserta Didik yang akan diperbaiki identitasnya
  • Kemudian Entry data yang akan diperbaiki

Cara upload dokumen Perbaikan data peserta didik di vervalpd
Perbaikan data dan upload dokumen Peserta didik
  • Setelah selesai mengentry data yang akan diubah kemudian klik validasi data. 
  • Silahkan update data, bisa berupa Akte Lahir ataupun Kartu Keluarga dengan ketentuan jenis file berupa gambar jpg, jpeg ataupun png. Ukuran tidak boleh lebih dari 1 Mb. Baca : Cara Memperkecil Ukuran Foto di Laptop
  • Tapi jika di tingkat SMP bisa mengupload foto ijazah, karena terkadang ada ketidaksesuaian antara KK dengan Ijazah disebabkan oleh kesalahan entry ketika pembaharuan Kartu keluarga di dinas kependudukan. (ini menurut pengalaman admin dan semua yang admin ajukan dengan ijazah diterima
  • Setelah selesai kemudian klik Update Data
  • Jika Upload/update data berhasil, maka akan ditandai dengan konfirmasi seperti ini dibagian atas Verifikasi Validasi:

Perbaikan Identitas Peserta Didik vervalpd
Verifikasi Validasi
  • Pengajuan Edit Identitas yang berhasil diupload kemudian akan masuk ke Tabel Pengajuan Edit Identitas. Di dalam tabel tersebut tertera kolom Tanggal Pengajuan, NIK Lama dan Baru, Nama Siswa Lama dan Baru, Tempat Lahir Lama dan Baru, Tanggal Lahir Lama dan Baru, Ibu Kandung Lama dan Baru, Jenis Kelamin Lama dan Baru, Status Pengajuan, dan Keterangan.
Untuk lebih lengkapnya tentang NIK peserta didik bisa dibaca disini: Validasi NIK Peserta didik di tab Quality Control dengan Dukcapil

7. Approval atau persetujuan NISN dan edit identitas Peserta Didik dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten setempat. 

Hubungi segera operator dinas jika selesai melakukan perubahan data peserta didik supaya perubahan data peserta didik tersebut segera disetujui. Jika sudah disetujui, maka lakukan sinkronisasi di Dapodik.

Baca juga : 


Demikian sedikit gambaran tentang Cara memperbaiki NISN, dan Identitas peserta didik di Vervalpd. Jika ada kendala atau tambahan, silahkan tuliskan dikolom komentar.

Semoga Bermanfaat...!!! 
Baca juga
close
close