Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Keyboard

Secara umum pengertian Keyboard adalah sebuah perangkat  keras atau hardware yang memiliki fungsi sebagai alat input atau alat untuk memasukan karakter dan perintah ke dalam komputer maupun laptop. 


Tombol keyboard Laptop tidak berfungsi
On-Screen Keyboard

Selain keyboard yang berbentuk hardware, ada juga keyboard yang berbentuk software. Contohnya untuk pengguna windows yaitu On-Screen Keyboard. On-Screen Keyboard ini bisa menjadi alternatif jika keyboard pada laptop atau komputer mengalami kerusakan. 

Cara menggunakan On-Screen Keyboard ini cukup mudah, yaitu: Klik Start-kemudian cari dan klik folder Windows Ease of Acces-kemudian Klik On-Screen Keyboard-maka akan muncul On screen keyboard seperti gambar di atas.

Tapi namanya keyboard alternatif, tentu saja mengoperasikan komputer dengan menggunakan On-screen keyboard ini akan memakan waktu dan membuat pekerjaan menjadi lama. Nah untuk itulah pada artikel kali ini kita akan membahas Cara memperbaiki kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop dan komputer. 
 

Keyboard laptop jalan sendiri
Keyboard Laptop
  
Namun sebelum masuk ke tahap perbaikan keyboard, terlebih dahulu kita akan mencari penyebab mengapa keyboard bisa rusak atau tidak berfungsi.

Faktor Penyebab Kerusakan pada Keyboard 

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan keyboard rusak atau tidak berfungsi: 

1. Keyboard terkena air

Keyboard atau laptop yang terkena air akan menyebabkan elemen yang terkena air itu akan rusak. Tidak hanya pada keyboardnya tapi juga pada bagian lain dari laptop tersebut juga akan rusak. Kecuali jika yang terkena hanya bagian cassing

2. Laptop terjatuh

Klo ini kejadian luar biasa, bukan keyboard saja yang bisa rusak. Bagian penting dari laptop juga akan ikut rusak jika laptop terjatuh atau terbanting.

3. Laptop terlalu sering dibawa.

Laptop yang terlalu sering dibawa menggunakan kendaraan bisa menyebabkan elemen-elemn yang ada pada laptop menjadi longgar dan terlepas. Apalagi jika jalan yang dilewati adalah jalan bebatuan. 

4. Laptop jarang dinyalakan/dihidupkan

Sama seperti printer dan juga mesin, jika jarang dihidupkan atau dipanaskan maka efeknya yaitu laptop menjadi kaku dan tidak berfungsi secara normal. Usahakan untuk menyalakan laptop minimal seminggu sekali walaupun tidak digunakan  

5. Keyboard kotor atau tersumbat oleh debu dan kotoran

Ruangan yang kotor atau abu yang berasal dari rokok biasanya adalah penyebab utama mengapa keyboard laptop menjadi kotor dan tidak berfungsi. 

Itulah beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan Keyboard rusak, error dan tidak berfungsi. Selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis kerusakan pada keyboard.

Jenis-Jenis Kerusakan pada Keyboard dan Cara memperbaikinya 

Adapun jenis kerusakan yang sering terjadi dan sering dialami oleh pengguna adalah sebagai berikut :

1. Tombol Keyboard Tidak tidak Berfungsi

Kerusakan ini adalah yang paling sering terjadi pada hampir semua Keyboard. Tanda-tandanya yaitu huruf atau angka tidak muncul ketika keyboard di tekan. Tapi biasanya kerusakan ini tidak terjadi pada semua tombol, hanya beberapa tombol saja. Bisa satu tombol atau lebih .

2. Tombol keyboard Tertekan terus menerus dengan sendirinya

Ini kebalikan dari permasalah pertama diatas, jika diatas keyboard ditekan tapi tidak muncul huruf. Maka kali ini tombol keyboar tidak ditekan tapi keluar huruf/mengetik dengan sendirinya dan tidak mau berhenti.

3. Terdengan bunyi beep saat menekan tombol keyboard

Biasanya ini terjadi saat pengguna menekan 3 tombol sekaligus, jika hanya 1 atau 2 tombol yang ditekan tapi muncul bunyi beep tersebut ada kemungkinan bahwa ada tombol yang tertekan dengan sendirinya. Sama seperti permasalahan nomor dua diatas.

Untuk memperbaiki kerusakan seperti 3 kerusakan diatas, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Jika penyebabnya adalah karena terkena debu atau kotoran, cukup bersihkan sela-sela keyboard yang tidak berfungsi tersebut dengan membalikan laptop/keyboard 45 sampai 75 derajat kebawah dan sedikit di goyangkan.Atau gunakan pembersih seperti tisu dan kuas atau sikat gigi bekas untuk membersihkan sela-sela tombol.
  • Namun jika penyebabya adalah karena terkena air. Maka segera keringkan bagian keyboard yang terkena air tersebut dengan menggunakan lap atau kipas angin. Usahakan juga untuk menjemurnya, tapi jangan terlalu lama.    
  • Cara ekstremnya yaitu membongkar keyboard tersebut, caranya:
- Cabut kabel charger dan baterai yang terpasang pada laptop.
- Buka casing laptop atau keyboardnya secara langsung. 
- Cek satu persatu ciklet atau kepingan keyboard yang ada, apakah ada kecacatan atau kerusakan.
- Bersihkan permukaan keyboard dengan cairan pembersih seperti alkohol.
- Kemudian pasang kembali keyboardnya.
- Nyalakan laptop dan periksa apakah keyboard bisa berfungsi dengan baik atau tidak

Catatan : Cara nomor tiga ini cukup riskan, jika merasa ragu untuk membongkar laptopnya disarankan agar bawa saja laptopnya ke tempat service. Dikawatirkan nantinya jika belum paham cara membuka laptop malah nanti ada kesalahan dan menyebabkan masalah baru.

4. Tombol Huruf pada keyboard berubah menjadi angka saat di tekan

Kasus ini biasanya terjadi di keyboard untuk Komputer. Ini bisa terjadi karena fungsi numlock pada keyboard masih aktif sehingga huruf pada keyboard ketik mengetik huruf berubah menjadi angka. Dan kebanyakan di laptop zaman sekarang tidak dilengkapi dengan fungsi numlock pada keyboardnya.  

Keyboard Laptop keluar angka ketika diketik
Keyboard Komputer


Solusi keyboard error seperti ini cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol Fn dan menekan tombol numlock (biasanya ada di bagian atas sederet dengan f1-f12.

5. Fungsi Delete berubah pada keyboard

Fungsi delete ketika digunakan untuk mengetik adalah untuk menghapus satu karakter di belakang huruf/angka. Tapi kenyatanya malah sebaliknya.

Ini dikarenakan fungsi Ins atau Insert pada keyboard aktif. untuk memperbaikinya tinggal tekan saja tombol Insert atau Ins yang ada pada keyboard.

6. Keyboard Not Recognized dan Keyboard Not Repsonding

Keyboard tidak dikenali dan keyboard tidak menanggapi. Artinya keyboard tidak terbaca pada sistem windows. 

Untuk memperbaikinya, lakukan langkah berikut :

- Periksa kabel USB keyboard apakah berfungsi dengan baik atau tidak
- Install ulang Driver Keyboard melalui Menu Device manager
 
Baca juga: 


Nah itulah beberapa penyebab, jenis kerusakan pada keyboard dan cara memperbaikinya. mudah-mudahan bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan. Mungkin masih ada kerusakan-kerusakan lain yang belum ditulis disini. Jika ada kendala atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...!!!

Baca juga
close
close