Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Menambahkan Ekstrakulikuler di Aplikasi Dapodik dan Eraport

Ekstrakulikuler merupakan Pelajaran yang dilakukan setelah atau di luar jam sekolah tetapi masih dalam lingkup sekolah dan menjadi tanggung jawab sekolah. Ada banyak macam Ekstrakulikuler, antara lain: Pramuka, Olahraga, Kesenian, PMR dan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengasah kemampuan dan keterampilan Peserta Didik. 

Saat ini banyak Sekolah yang mewajibkan Peserta didiknya untuk mengikuti minimal 1 dari sekian banyak pelajaran Ekstrakulikuler. Bahkan Ekstrakulikuler bisa menjadi syarat untuk bisa naik kelas atau naik tingkat selanjutnya.

Namun dalam pengisian E raport SD maupun SMP, ekstrakulikuler bisa menjadi kendala tersendiri bagi sahabat-sahabat Operator Sekolah. Dikarenakan tidak ditemukannya data ekstrakulikuler di Eraport. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan tidak lengkapnya Data Ekstrakulikuler yang diinput di Aplikasi Dapodik.

Untuk mengatasi hal itu, Sahabat Operator tidak perlu risau apalagi gundah gulana, karena disini kita akan mencoba mengatasi masalah tersebut. Lalu apa saja yang harus kita lakukan agar data ekstrakulikuler muncul di Aplikasi Eraport? Simak baik-baik penjelasan dibawah berikut ini:

Input Data Ekstrakulikuler di Dapodik 

Sebelum bisa menambahkan Ekstrakulikuler di Eraport terlebih dahulu kita harus melengkapi data ekstrakulikuler di Aplikasi Dapodik, caranya yaitu: 

  • Buka menu sekolah di aplikasi dapodik
  • Kemudian pilih tab Ekstrakulikuler 
  • Isikan data ekstrakulikuler sesuai dengan SK Kepsek tentang Ekstrakulikuler tersebut, seperti gambar dibawah ini:

Cara menambahkan ekstrakulikuler di Dapodik
Mengisi data ekstrakulikuler di Dapodik

  • Jika sudah selesai kemudian klik simpan
  • Selanjutny tambahkan Ekstrakulikuler yang sudah kita buat tadi ke Menu Rombongan Belajar
  • Pilih Ekskul, 
  • Klik Tambah
  • Pilih jenis Eskul kemudian isikan nama Pembina dan Ruangan yang dipakai untuk ekstrakulikuler tersebut. Lihat gambar dibawah:

Cara menambahkan ekstrakulikuler di Dapodik
Menambahkan Anggota Rombel Ekstrakulikuler 

  • Setelah selesai jangan lupa isikan juga Anggota Rombel Eskul tersebut.
Sampai disini kita sudah berhasil membuat data Ekstrakulikuler di Aplikasi Dapodik, tapi sebelum menuju Aplikasi Eraport ada baiknya sahabat melakukan Sinkronisasi terlebih dahulu di Aplikasi Dapodik. Karena menurut pengalam Admin, data Dapodik lebih cepat masuk ke Aplikasi Eraport jika sudah di sinkronkan.

Menambahkan Ekstrakulikuler di Eraport

Setelah mengisikan data-data ekstrakulikuler di Aplikasi Dapodik, selanjutnya kita akan menambahkan Ekstrakulikuler tersebut di Eraport, langkah-langkahnya yaitu:

  • Buka Aplikasi Eraport, 
  • Pilih Menu Ambil Data Dapodik, 
  • Klik Sinkronkan Semua Data. Seperti gambar dibawah:


Cara menambahkan ekstrakulikuler di Eraport
Sinkron data ekstrakulikuer ke Eraport

  • Tunggu beberapa saat hingga proses ambil data selesai.
  • Setelah Selesai Sinkron semua data, maka otomatis Data Ekstrakulikuler akan muncul di Aplikasi Eraport. 

Sekarang sahabat (atau dalam pengisian ekstrakulikuler ini yang berhak adalah wali kelas) sudah bisa mengisi Nilai Ekstrakulikuler tersebut melalui Login Wali Kelas masing-masing.

Baca Juga:

Ok, sampai disini mudah-mudahan sahabat-sahabat Operator sudah bisa dan paham mengenai cara memasukkan atau menambahkan Pelajaran Ekstrakulikuler di Aplikasi Dapodik dan Eraport. Semoga artikel singkat diatas bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan. Jika ada kendala atau tambahan, silahkan tulis dikolom komentar.

Semoga Bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close