Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Pengertian dan Fungsi Windows Firewall

Apa itu Pengertian Windows Defender Firewall? Dan Apa pula fungsi dan Kegunaan dari Windows Firewall?

Mungkin bagi para User expert, windows defender firewall bukan sesuatu yang baru. Baik itu fungsinya, cara mematikan atau menonaktifkannya. Semuanya sudah mereka hapal diluar kepala.

Tapi bagaimana dengan para sahabat yang baru bergelut dibidang komputer atau biasa disebut Newbie, tentu saja terasa cukup asing dengan windows firewall. Walaupun sebenarnya jika dipelajari dengan baik, cukup mudah untuk memahami pengertian dan fungsi windows firewall.


Pengertian dan Fungsi Windows Firewall
Windows Defender Firewall

Nah pada artikel di bawah ini akan kita bahas sedikit tentang Pengertian dan Fungsi dari Windows DAefender Firewall.

Pengertian Windows Defender Firewall

Pengertian Windows Firewall sendiri adalah suatu aplikasi atau software yang disediakan windows yang berfungsi untuk memberikan perlindungan kepada sistem komputer itu sendiri. Perlindungan itu berupa deteksi terhadap suatu jaringan, apakah jaringan tersebut aman atau tidak. Jika jaringan tersebut dirasa aman maka windows firewall otomatis akan mengizinkan. Namun sebaliknya, jika jaringan tersebut dirasa tidak aman maka aka di block oleh firewall. 

Pengertian Firewall yang dimaksudkan diatas adalah sistem atau perangkat yang memberi otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan melakukan pencegahan terhadapa jaringan yang dianggap tidak aman. 

Firewall sebenarnya ada yang berupa software (Perangkat Lunak atau Aplikasi) dan ada yang berupa hardware tambahan (Perangkat Keras).  Tetapi tujuannya sama yaitu menyaring lalu lintas jaringan antara jaringan. Perlindungan Firewall diperlukan untuk komputasi perangkat seperti komputer yang diaktifkan dengan koneksi Internet. Meningkatkan tingkat keamanan jaringan komputer dengan memberikan informasi rinci tentang pola-pola lalu lintas jaringan. 

Secara umum Firewall digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses masuk ke komputer kita terhadap jaringan privat yang datang dari pihak luar. 

Fungsi dan Kegunaan dari Windows Defender Firewall

Karena semua jaringan komunikasi harus melewati Windows firewall, maka fungsi dari Windows firewall ant
ara lain adalah sebagai berikut:
  1. Firewall hanya membolehkan lalu lintas resmi  atau lalu lintas yang sudah diberi izin oleh Administrator.
  2. Firewall sebagai pengontrol, mengawasi arus data yang mengalir di jaringan. 
  3. Firewal mengatur, memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi
Selain itu, fungsi lain dari firewall adalah melindungi sumber daya dari ancaman membahayakan yang mungkin datang dari pihak luar yang bermaksud untuk melakukan pencurian data, contohnya phising. 

Proteksi ini dapat diperoleh dengan menggunakan beberapa pengaturan di access control, proxy, dll untuk mengamankan host yang dilindungi supaya tidak dapat diakses oleh host lain yang mencurigakan atau dari lalu lintas jaringan yang mencurigakan. 

Nah, setelah membaca  penjelasan diatas, sahabat-sahabat saya rasa sudah cukup mengerti tentang pentingnya windows firewall. Akan tetapi, selain kegunaan firewall diatas kadang kala kita perlu juga untuk menonaktifkan windows firewall. 

Biasanya saat kita mengakses melalui localhost atau jaringan lokal, windows firewall akan memblok jaringan yang akan masuk. Misal kita akan mengakses localhost di komputer server melalui komputer client, komputer client tidak bisa mengkasesnya karena diblok oleh windows firewall sehingga halaman yang akan kita akses di komputer server tersebut tidak bisa tampil. 

Untuk kasus seperti ini, kita perlu juga menonaktifkan atau mematikan windows firewall di komputer server.  Klo sahabat-sahabat belum paham cara menonaktikan windows firewall, bisa dibaca disini: Cara Lengkap Menonaktifkan atau mematikan Windows Firewall. 

Demikianlah sedikit gambaran singkat tentang pengertian dan fungsi windows firewall, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu sahabat-sahabat dalam memahami windows firewal. 

Semoga Bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close