Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Solusi Tidak Bisa Login Kepala Sekolah dan PTK di Aplikasi Dapodik

Pada Aplikasi Dapodik 2020-2021, peran dari Akun untuk kepala sekolah sangat lah vital. Sebab jika ingin melakukan sinkronisasi Dapodik, harus menggunakan Akun login kepala sekolah.

Umumnya, cara login Kepala Sekolah dan PTK di Aplikasi Dapodik menggunakan Akun email dan password yang sudah di daftarkan di sp.datadik.kemdikbud.go.id. Tapi ada-ada saja masalah yang dialami sahabat-sahabat operator ketika akan login menggunakan Akun Kepala Sekolah ataupun Akun PTK yaitu login gagal. Penyebabnya bermacam-macam. Ada yang email salah, password salah atau akun tidak terdaftar. 

Dan yang terbaru yaitu ketika  login di Dapodik 2021 dengan menggunakan Akun Kepala Sekolah dan PTK yaitu muncul pesan " Whoops, looks like something went wrong". Padahal Email yang dimasukkan dan password nya sudah benar dan Akunnya pun sudah terverifikasi.

Kepala Sekolah dan PTK tidak bisa dan gagal login dapodik
Login error

Sebenarnya permasalahan ini muncul disebabkan oleh tidak diisinya email untuk kepala sekolah dan PTK pada aplikasi dapodik terdahulu, atau email yang diinputkan sebelumnya adalah email yang sudah tidak aktif sehingga menyebabkan Email atau akun tidak terdeteksi.  

Tapi sebenarnya ini agak aneh memang, padahal Operator sudah membuat akun kepala sekolah dan ptk tersebut secara online melalui sp.datadik.kemdikbud dan sudah berhasil diverifikasi. Tapi setelah sinkron, akun dan email tersebut masih tidak terisi atau kosong. Begitupun juga dengan akun PTK lain yang sudah ada, di aplikasi dapodik di profil PTK masih terlihat email yang lama. Padahal sudah diganti juga dengan email terbaru. Mungkin Aplikasi Dapodik ini butuh pembaharuan dan perbaikan lg, kita tunggu saja Updatenya.

Nah lalu bagaimana solusinya untuk bisa login Kepala Sekolah ataupun PTK jika kita ingin melakukan sinkronisasi atau memperbaiki data PTK? Mari Kita simak langkah-langkahnya berikut ini : 


NB: Sebenarnya cara di aplikasi dapodik terdahulu pun sudah ada, tapi mungkin operator lupa atau belum mengetahuinya. Berikut cara-cara login Kepala Sekolah dan PTK dengan menggunakan menu Tukar Pengguna.

CARA LOGIN KEPALA SEKOLAH DAN PTK DI DAPODIK 2021

1. Buka Aplikasi Dapodik
2. Login menggunakan Akun Operator Sekolah
3. Setelah selesai login kemudian pilih menu PENGATURAN

Login Kepala sekolah dan gtk melalui menu tukar pengguna
Menu Tukar Pengguna

4. Klik Tukar Pengguna
5. Kemudian akan muncul tampilan Validasi dan isikan Kode Registrasi Sekolah


Mengatasi gagal login kepala sekolah dan ptk di Dapodik
Input kode registrasi Dapodik

6. Jika kode registrasi benar maka akan muncul seluruh daftar PTK yang ada di Aplikasi Dapodik
7. Pilih salah satu PTK yang ingin kita gunakan untuk login, kemudian klik Tukar Pengguna.


Login Tukar Pengguna Dapodik
Cari atau ketikkan Nama pengguna


8. Selesai.

Sekarang sahabat-sahabat operator sudah bisa login dan mulai sinkronisasi atau mulai memperbaiki data-data PTK tersebut.

Baca juga :

Demikian Cara agar bisa login di Aplikasi Dapaodik dengan menggunakan Menu Tukar pengguna. Semoga sedikit penjelasan diatas bisa membantu sahabat-sahabat operator. Jika ada kendala atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close