Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Permasalahan yang dialami oleh Operator di Aplikasi Dapodik 2021

Dengan dirilisnya Dapodik versi 2021, banyak sekali sahabat-sahabat operator yang mengalami berbagai macam permasalahan. Ya, Dapodik versi 2021 ini dirilis dengan menu-menu yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan Dapodik versi sebelumnya. 

Permasalahan itu sendiri muncul disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kemungkinan belum siapnya sistem dari Aplikasi Dapodik itu sendiri. Atau bisa jadi masalahnya muncul karena kesalahan yang dilakukan oleh sahabat-sahabat operator sekolah.
     
Disini akan kita runut satu persatu list masalah atau kendala-kendala apa saja yang ada di Dapodik 2021 dan bagaimana cara mengatasi masalah-masalah tersebut.

PROBLEM YANG ADA DI DAPODIK 2021

1. Proses Registrasi Dapodik

Pada saat selesai melakukan Installasi, operator diharuskan untuk melakukan registrasi dapodik terlebih dahulu. Registrasi Dapodik sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu : Registrasi Dapodik Online dan Regisrasi Dapodik Offline.

Permasalahan yang muncul pada saat registrasi dapodik online:

Registrasi gagal karena sistem sibuk ( permasalahan ini sudah bisa diatasi, sudah bisa dan lancar melakukan sinkronisasi. Tapi jika masih gagal usahakan untuk mencari sinyal jaringan internet yang bagus dan cobalah untuk melakukan proses registrasi saat sepi/tengah malam) 

Registrasi gagal dengan keterangan Akun Kepala Sekolah belum terdaftar. (Terlebih dahulu buat akun kepala sekolah melalui sp.datadik.kemdikbud.go.id, kemudian lakukan sinkronisasi ). Untuk lebih jelasnya cara buat membuat akun Kepala Sekolah, PTK  dan Operator Sekolah bisa dibaca disini : Cara Membuat Akun PTK Dapodik 2021

- Username atau Password salah pastikan anda sudah memasukkah password terbaru. Jika sahabat operator mengalami kejadian ini dan sangat yakin bahwa email dan password yang digunakan sudah benar, segera hubungi operator dinas untuk penanganan lebih lanjut

Permasalahan pada saat registrasi dapodik offline :

- Prefill Dapodik susah di generate apalagi di download/unduh ( saat ini Download prefill sudah bisa dan sudah lancar). Baca disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Cara generate dan unduh prefill Dapodik

Username dan Password Salah, sama seperti permasalahan diatas. Segera hubungi Operator Dinas.

- Proses registrasi berhasil tapi tidak bisa melakukan sinkronisasi dengan keterangan "Pengguna tidak Aktif". Solusinya yaitu sebelum melakukan generate dan download data prefill terlebih dahulu pastikan bahwa Akun Kepala Sekolah sudah aktif, karena yang berwenang melakukan sinkronisasi data saat ini adalah Kepala Sekolah. Jika belum aktif, silahkan buat akun kepala sekolah seperti cara membuat akun diatas.

2. Akun Tidak Terverifikasi

Setelah selesai melakukan Installasi Dapodik dan sukses melakukan Registrasi baik melauli registrasi online maupun online, ditemukan keterangan Akun tidak terverifikasi tepatnya berada dibawah nama akun operator sekolah dan di depan nama PTK. Ini adalah hal baru di Dapodik karena pada versi sebelumnya tidak ada masalah seperti ini. 

Untuk mengetahui dan menyelesaikan masalah tersebut silahkan baca di:





3. Kesalahan Saat Proses Verifikasi Akun

Verifikasi akun terbagi menjadi 2 macam yaitu : Verifikasi Akun Operator Sekolah dan Verifikasi Akun PTK (termasuk akun Kepala Sekolah) 

- Sebelum melakukan verifikasi, pastikan terlebih dahulu email yang akan digunakan adalah email aktif dan bisa dibuka. 

- Jika operator adalah Guru atau PTK, maka email untuk akun operator dan PTK nya tidak boleh sama, harus menggunakan email dan akun yang berbeda walaupun orangnya sama. 

- Perlu diketahui untuk verifikasi akun operator sekolah dan PTK dilakukan dan diakses melalui laman yang berbeda. Terkadang Operator sering salah kamar atau masuk ke laman yang berbeda sehinga muncul pesan : "Maaf pengguna dapodik tidak diizinkan untuk menggunakan Aplikasi ini."

Masalah dan Problem di Dapodik 2021
Salah Kamar login Operator dan PTK

- Untuk verifikasi akun operator dilakukan di laman sp.datadik.kemdikbud.go.id, sedangkan untuk verifikasi akun ptk diakses melalui lama ptk.kemdikbud.go.id

- Saat ini,  27-07-2020 proses verifikasi untuk operator sekolah sudah bisa dilakukan. Sedangkan untuk verifikasi aku PTK masih dalam masa perbaikan.  

4. Akun Operator Sekolah dan PTK Gagal diverifikasi karena PTK merangkap sebagai Operator sekolah.

Permasalahan ini terjadi kepada sahabat-sahabat Operator sekolah yang merangkap sebagai PTK di Aplikasi Dapodik. Verifikasi untuk Akun Operator Sekolah berhasil, sedangkan untuk PTK tidak bisa di verifikasi karena email ganda atau sistem membaca nama yang sama.

Untuk lebih jelasnya tentang hal tersebut, baca di artikel: Cara Verifikasi Akun PTK yang Merangkap sebagai Operator Sekolah

5. Tidak Bisa Login Kepala Sekolah dan PTK di Aplikasi Dapodik

Hal ini juga banyak dialami oleh pengguna atau operator sekolah. Setelah selesai memverifikasi akun Kepala Sekolah dan Guru, ketika akan login di Aplikasi Dapodik malah gagal. Muncul pesan : "Whoops, looks like something went wrong ".

Jika terjadi hal ini, untuk mengatasinya supaya bisa login, bisa dibaca disini: 




6. Tarik Peserta Didik Gagal

Peserta didik adalah elemen wajib yang datanya harus segera dilengkapi oleh operator sekolah. Menginput peserta didik bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu : 

- Input peserta didik dengan cara manual. Cara manual ini dilakukan jika memang data peserta didik tersebut belum ada di database pusat. Untuk menginputnya bisa dilakukan dengan menginput langsung di aplikasi dapodik atau bisa diinput di laman sp.datadik.kemdikbud.go.id  

- Input peserta didik dengan cara tarik peserta didik di laman sp.datadik.kemdikbud.go.id. Tapi cara yang kedua ini  seringkali mengalami kendala, yaitu setelah melakukan sinkronisasi, data peserta didik tidak masuk ke Database Lokal.
Namun masalah ini sudah bisa diatasi, langkah-langkah untuk memperbaikinya bisa dibaca disini : 




7. Sinkronisasi tidak bisa dilakukan 

Gagal sinkronisasi karena status koneksi belum terhubung atau disconnected, cara mengatasinya bisa dibaca disini: Cara Mengatasi Koneksi Belum Terhubung di Dapodik

Sementara itulah beberapa kendala atau permasalahan yang sudah ditemukan sejak dirilisnya aplikasi dapodik 2021. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat Operator yang memutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close