Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Klaim NUPTK di VervalPTK

NUPTK saat ini adalah suatu keharusan bagi semua Guru dan Tenaga Kependidikan. Karena sesuai dengan Peraturan menteri pendidikan, jika Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer ingin mendapatkan tunjangan dari dana BOS maka harus memiliki NUPTK. (Belakangan peraturan ini dilonggarkan terkait dengan Pandemi Covid-19).


Cara claim NUPTK
NUPTK

Tapi bagaimana jika PTK baik Guru maupun Tenaga Kependidikan sudah memiliki NUPTK akan tetapi di dapodik NUPTK nya kosong tidak terisi?  

NUPTK yang kosong ini biasanya terjadi untuk PTK yang sudah memiliki NUPTK sejak lama, untuk NUPTK yang baru jarang terjadi kesalahan karena data NUPTK diinput dari pusat dan langsung masuk ke database dapodik sekolah. Sehingga kecil kemungkinan terjadi kesalahan.

Untuk memperbaiki data GTK yang NUPTK nya kosong tapi sudah memiliki NUPTK bisa diperbaiki dengan cara melakukan Claim NUPTK. Tapi, sebelum melakukan Klaim NUPTK, pastikan terlebih dahulu bahwa PTK yang bersangkutan benar-benar memiliki NUPTK yang valid. Bisa dibuktikan dengan kartu yang pernah dicetak sebelumnya atau bisa di cek di NUPTK online. Selanjutnya persiapkan file-file penunjang yang sudah di scan dan disimpan dalam bentuk file PDF. File tersebut antara lain :

  1. Kartu NUPTK atau Dokumen Bukti Kepemilikan NUPTK
  2. Surat Tugas atau Surat Penugasan Terbaru dari Sekolah

Jika Kartu NUPTK sudah tidak ada atau hilang, bisa mencetak dari website-website yang menyediakan cetak kartu NUPTK karena di vervalPTK sudah tidak ada lagi menu untuk Cetak Kartu NUPTK. Tapi mencetak kartu dari website yang bukan dari vervalPTK bisa dibilang cukup beresiko, karena itu bukan Website resmi yang disediakan oleh Kemdikbud. 

Supaya bisa mendapatkan dokumen kepemilikan NUPTK, bisa langsung mengunjungi laman: http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status, kemudian masukkan NUPTK. Jika NUPTK tersebut valid, maka akan ada keterangan tentang kepemilikan NUPTK. Untuk bisa mencetaknya lakukan screenshot pada data tersebut. Jika belum paham cara screenshot di Laptop, silahkan baca disini : Cara mudah Screenshot atau tangkapan layar di Laptop

Oke, kita lanjut. Setelah semua file sudah disiapkan, kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Klaim NUPTK di VervalPTK

1. Buka Laman VervalPTK

2. Login Menggunakan Akun sso Operator Sekolah.

3. Setelah masuk ke Beranda vervalptk, pilih menu Pengajuan NUPTK

Cara klaim NUPTK yang tidak terisi
Pilih Pengajuan NUPTK

4. Pilih PTK yang akan diclaim NUPTK nya, kemudian pada bagian belakang klik Klaim NUPTK seperti pada gambar diatas

5. Setelah klik Klaim selanjutnya akan muncul tampilan berikut :

Cara claim nuptk di vervalptk
Input NUPTK dan Upload Dokumen

6. Isikan NUPTK sesuai dengan Data NUPTK PTK bersangkutan

7. Selanjutnya upload file yang sudah disiapkan yaitu Tanda bukti kepemilikan NUPTK 

8. Kemudian setelah file selesai di upload Klik Ajukan


9. Selesai

Proses Claim NUPTK ini setidaknya membutuhkan waktu 7 hari sampai ada perubahan di Status NUPTK nya. Jangan lupa untuk mengecek statusnya secara berkala. Jika sudah ada NUPTK di verval ptk, segera lakukan sinkronisasi di Dapodik. Supaya datanya bisa langsung masuk ke database dapodik.

Itulah cara claim nuptk atau cara memperbaiki NUPTK yang kosong di vervalptk, semoga artikel ini bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan. 

Baca Juga :

Semoga bermanfaat...!!!

Baca juga
close
close