Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Mengamankan File dari Virus di Komputer

Pengertian File, dokumen dan ekstensi file

Pengertian File komputer adalah adalah sumber daya yang ada di komputer dan digunakan untuk merekam data secara diskrit di perangkat penyimpanan komputer. Pengertian lain dari file yaitu identitas dari sebuah dokumen yang sudah diberi nama (File name). 

Sedangkan pengertian dokumen adalah sebuah informasi penting yang berisi tentang sesuatu, baik itu informasi yang berupa tulisan, gambar, video, dll. Dalam dunia komputer, dokumen memiliki ekstensi yang berbeda-beda tergantung dari cara membuat dokumen itu sendiri. 


Mengamankan file dari serangan virus
Gambar Document

Pengertian ekstensi yaitu kode unik yang terdapat pada akhiran dari setiap file dan biasanya terdiri dari 3-4 huruf. Diawali dengan karakter titik di depannya. Misal : .doc untuk dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft word, .xls, .xlsx untuk file yang dibuat dengan Microsoft Excel, .jpg, .jpeg untuk documen foto atau gambar, dsb. Contoh file microsoft word yang sudah diberi nama belajar mengetik.doc, microsof excel :belajar menghitung.xls, foto sekolah.jpg untuk file yang yang berjenis foto.

File dapat diedit, ditansfer dan dikirim melalui internet. Untuk mengirimnya bisa menggunakan Email, media sosial, dsb. File juga bisa dicetak dengan menggunakan printer. Tapi file bisa juga rentan terhadap sesuatu, misal file corrupt, file tidak bisa dibuka, file tersembunyi/hidden. Rentannya file itu biasanya disebabkan oleh serangan virus dan keluarganya seperti malware, trojan dll.

Untuk mengamankan file dari serangan virus dan keluarganya tesebut, saat ini sudah banyak disediakan aplikasi antivirus. Yaitu aplikasi yang berguna untuk mencegah dan membersihkan komputer dari kemungkinan adanya serangan virus. Untuk pengguna Windows mencegah virus dan malware sudah ada tools tersendiri yaitu windows firewall dan windows defender.

Tapi antivirus, windows firewall, windows defender tidak bisa mencegah semua serangan virus. Terkadang ada beberapa virus yang tidak bisa dideteksi dan tidak bisa ditangani dengan tools-tools tersebut. Apalagi jika antivirus dan tools dari windows tersebut tidak pernah diperbaharui/update. 

Jika virus sudah masuk ke dalam sistem komputer, maka ada kemungkinan virus tersebut akan merusak sistem komputer sehingga menyebabkan komputer menjadi lambat, dan juga serangan virus tersebut bisa merusak file-file penting yang ada di dalamnya.Dengan kata lain virus bisa merusak file hasil kerja pengguna yang tersimpan di dalam komputer.

Namun ada 1 cara yang menurut saya sangat efektif untuk mengamankan file dari serangan virus, Simak baik-baik penjelasan di bawah:

Cara Mengamankan File dari Serangan Virus

Caranya yaitu dengan menyimpan atau mengkompres file tersebut ke dalam bentuk .rar. Saat ini sudah banyak penyedia aplikasi  rar. Tapi yang saya rekomendasikan adalah Winrar. Kenapa Winrar? Berikut kelebihan winrar :


Bagaimana agar file tidak kena virus
Winrar

  1. Ukuran File Installnya kecil
  2. Bisa mengkompres/memperkecil ukuran file sebanyak 30% dari ukuran asli file.
  3. Melindungi File dari virus
Untuk mendownloadnya bisa didownload disini: Winrar.

Cara menggunakan winrar pun sangatlah mudah, yaitu :

  • Setelah selesai melakukan installasi winrar
  • Klik kanan pada file yang akan dikompres ke dalam winrar

Cara tidak kena virus komputer
Add file to winrar

  • Kemudian Add to (nama file) .rar
  • Tunggu beberapa saat hingga selesai dan muncul file (nama file).rar
Dengan menggunakan cara ini, sangat kecil kemungkinan file bisa terkena virus. Terbukti selama menggunakan winrar, belum sekalipun file yang saya kompres dengan winrar terkena serangan virus. 

Nah itulah salah satu cara mengamankan file dari serangan virus. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan. 

Semoga bermanfaat...!!! 

Baca juga
close
close