Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Pengertian, Fungsi, Cara Install dan Cara Menggunakan Winrar

Apa itu Winrar?

Definisi WinRAR adalah Aplikasi/software yang digunakan untuk mengompres data atau memperkecil ukuran data. WinRAR dikembangkan oleh Eugene Roshal dari win.rar GmbH. WinRAR awalnya adalah program khusus yang dibuat untuk Sistem Operasi Windows. Namun sering perjalanan waktu, winrar juga tersedia untuk versi Android yang disebut "RAR for Android".

Fungsi winrar
Logo Winrar

Fungsi dan Kegunaan Winrar
Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan dari winrar.

1. Memperkecil ukuran File

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi utama winrar adalah untuk mengompres data. Sehingga ukuran data yang telah dikompres menjadi lebih kecil. Winrar diklaim bisa memperkecil ukuran data sebesar 40 % dari data aslinya. Misal anda memiliki file dengan ukuran 100 Mb, ketika dikompres dengan menggunakan winrar maka ukuran file tersebut akan berubah menjadi 60 Mb.

2. Menghemat ruang penyimpanan

Karena bisa memperkecil ukuran file hingga 40 %, tentu saja hal ini bisa menghemat ruang penyimpanan. Bayangkan jika anda anda mempunya file asli berukuran 10 Gb, dan jika dikompres menggunakan winrar maka anda akan menghemat ruang sebesar 4 Gb.

3. Mempercepat pengiriman data 

Mengirim file atau mengcopy file yang telah dikompres dengan menggunakan winrar tentu saja akan mempercepat proses pengiriman data dan copy data. Karena ukuran file yang sudah lebih kecil dari ukuran aslinya.

4. Menghemat bandwith atau Paket Data Internet

Selain mempercepat pengiriman data, tentu saja mengirim file yang sudah dikompres akan menghemat data internet. Apalgi jika anda pengguna internet yang menggunakan kuota.

5. Winrar support/mendukung Format kompresi lainnya

Ada banyak aplikasi untuk mengkompres data, jika menggunakan winrar maka anda bisa membuka file yang dikompres dengan aplikasi kompres lain. Misal:  (RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, TAR, GZip, UUE, ISO, BZIP2, Z dan 7-Zip). 

6. Mengamankan file dari serangan virus

Selain kegunaanya sebagai alat untuk mengompres data, winrar juga diklaim bisa kebal terhadap serangan virus. File yang sudah dikompres tidak akan bisa dimasuki oleh virus.

7. WinRAR sangat ideal untuk file multimedia 

WinRAR secara otomatis mengenali dan memilih metode kompresi terbaik. Algoritme kompresi khusus memampatkan file multimedia, file yang dapat dieksekusi, dan perpustakaan objek dengan sangat baik. 

8. Dilengkapi dengan Password/Kata sandi

File winrar juga bisa ditambahkan kata sandi. Enkripsi kata sandi 256 bit dan teknologi tanda tangannya yang diautentikasi akan membuat file menjadi lebih aman. 

Bagaimana Cara Install Winrar?

Cara install winrar sangatlah mudah, langkah-langkahnya yaitu:

1. Terlebih dahulu download aplikasi winrar di: win-rar.com
2. Setelah didownload, Klik dua kali pada file install yang sudah di download tadi, sehingga muncul tampilan seperti ini:

Cara Instal Winrar
Installasi Winrar 1

3. Klik Install

Pengertian Winrar
Installasi Winrar 2

4. Klik Ok

Cara install dan cara menggunakan winrar
Installasi winrar 3

5. Done

Installasi selesai dan winrar sudah bisa digunakan.

Cara menggunakan winrar

Ada dua cara yang akan kita gunakan untuk menjalankan winrar, yaitu mengompres atau memperkecil file ke dalam file winrar dan membuka file yang sudah dikompres dengan menggunakan winrar.

  • Cara Mengompres file menggunakan winrar

1. Pilih salah satu file yang akan dikompres
2. Kemudian Klik kanan pada file tersebut

Cara memperkecil file
Mengompres File

3. Kemudian Add to (nama file) Winrar. (Lihat contoh diatas, misal kita akan mengompres file dengan nama file "update"), tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai.
4. Setelah Selesai, maka otomatis disana akan ada file berupa update.rar. Berikut hasilnya :

Kegunaan Winrar
Hasil Kompres file rar

5. File asli yang tadinya berukuran 676 Mb. (Perhatikan gambar yang diberi kotak), ukuran file setelah dikompress berubah menjadi 448 Mb.

2. Cara membuka file yang dikompresi menggunakan winrar

1. Klik kanan pada file winrar atau file apa saja yang berekstensi: (RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, TAR, GZip, UUE, ISO, BZIP2, Z dan 7-Zip)
2. Kemudian klik Extract to (nama file)

Definisi Winrar
Extract File rar

3. Selesai

Itulah pengertian, fungsi, cara install dan cara menggunakan Winrar. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close