Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Memperkecil Ukuran Foto di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Bagaimana Cara merubah, mengedit dan memperkecil ukuran Foto di Laptop?

Pengertian Foto adalah gambar diam tak bergerak, berwarna atau tak berwarna (hitam ataupun  putih) yang dihasilkan oleh kamera dengan merekam suatu objek tertentu. Foto asli merupakan bukti fisik tentang eksistensi sesuatu benda, kenangan, peristiwa dan sebagainya. Klo zaman dahulu (sekitar tahun 2000 kebawah) foto itu sesuatu yang mahal walaupun bukan sesuatu yang langka. Karena untuk bisa menghasilkan sebuah foto terlebih dahulu harus memiliki tustel/kodak, film/clise dll. Pokoknya ribet lah..

Berbeda dengan zaman sekarang, dimana hampir setiap orang memiliki smartphone atau telepon pintar. Untuk menghasilkan sebuah foto cukup dengan menekan satu tombol dan bisa langsung diedit. Dibuat sebagus mungkin, walaupun hasil editanya nyaris sangat berbeda dengan aslinya.

Tak seperti zaman dahulu kala, dimana foto biasanya hanya diambil saat ada moment-moment tertentu yang pantas untuk diabadikan. Sekarang foto tak hanya digunakan untuk moment kenangan tapi foto juga digunakan untuk banyak kegiatan. Salah satunya adalah untuk pekerjaan atau melengkapi sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Jika digunakan untuk melamar pekerjaan secara online, biasanya sang pelamar diharuskan untuk melampirkan bukti Ijazah melalui foto dan dikirim secara online. Atau mengirim bukti dokumen yang berupa foto. Tapi terkadang saat akan mengirim foto secara online, pengirim menemui suatu kendala, yaitu ukuran resolusi maksimal foto yang akan dikirim terlalu besar. Sehingga proses pengiriman foto gagal. 

Misalnya foto yang diambil melalui smartphone dengan hasil foto yang bagus memerlukan resolusi tinggi atau ukurannya mencapai 4 Mb keatas, sedangkan maksimal ukuran foto yang bisa dikirim adalah 2 Mb dan tulisan dalam foto tersebut harus tetap bisa dibaca dengan jelas.

Lalu bagaimana caranya supaya ukuran foto tersebut bisa berubah menjadi 1 Mb dan tulisannya masih bisa dibaca dengan jelas? Tenang bat, supaya bisa memperkecil resolusi gambar tersebut simak baik-baik penjelasan di bawah:

Cara Merubah Ukuran Foto di Laptop Tanpa Aplikasi

Berikut ini kita akan mencoba memperkecil ukuran foto dengan tools bawaan dari windows yaitu tool Photo atau picture and fax viewer. Foto yang akan kita edit yaitu foto yang berukuran 7 Mb. Lihat gambar:

 
Cara Memperkecil Ukuran Resolusi Foto di Laptop
Ukuran Asli Gambar

Langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu :

  • Double klik pada foto yang akan diedit atau bisa juga klik kanan pada foto
  • Pilih open with : photos, bisa juga open with : windows picture and fax viewer
  • Selanjutnya setelah foto terbuka, pilih edit & crop jika ingin memotong terlebih dahulu foto tersebut dan mempercerah tampilannya.
  • Jika ingin langsung memperkecil ukuran resolusinya, klik tanda tiga titik dipojok kanan atas gambar kemudian pilih resize.

Cara Mengubah Ukuran Resolusi Foto di Komputer
Resize gambar

  • Pilih ukuran yang resolusi foto sesuai dengan yang diinginkan

cara Mengecilkan Foto di Laptop
Pilih resolusi

  • Setelah selesai kemudian save.
  • Di foto ini kita pilih resolusi yang paling kecil.
  • Hasilnya foto yang berukuran 7 Mb tadi berubah menjadi 50 Kb dan fotonya masih tetap jelas.

Cara mengubah ukuran foto di laptop
Hasil Gambar setelah diedit

Bagaimana? gampang sekali bukan? nah itulah sedikit cara yang bisa digunakan untuk merubah dan memperkecil ukuran foto di laptop. semoga bisa membantu sahabat yang membutuhkan. 

Semoga bermanfaat...!!! 

Baca juga
close
close