Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Mengatasi Koneksi Belum Terhubung di Sinkronisasi Dapodik

Pengertian dan Fungsi Sinkronisasi di Aplikasi Dapodik

Sinkronisasi adalah langkah terakhir yang harus dilakukan oleh Operator Sekolah supaya data-data yang sudah diinputkan dan di perbaiki di Aplikasi Dapodik bisa dikirim ke server pusat. Sehingga data-data tersebut bisa tersimpan secara online dan data yang sudah disinkronisasikan tersebut bisa diakses walaupun Aplikasi atau Laptop yang digunakan mengalami kerusakan. Tidak hanya itu saja, segala data yang berhubungan dengan Dana BOS, PIP, DAK, Tunjangan Guru, dll, semua tergantung dari data Aplikasi Dapodik yang sudah di Sinkronkan.

Itulah pengertian dan pentingnya fungsi dari sinkronisasi di dapodik. Sehingga semua sekolah diwajibkan untuk melakukan sinkronisasi sebelum batas-batas waktu yang ditentukan habis.

Di Aplikasi Dapodik versi terbaru, di menu sinkronisasi saat ini tersedia 2 pilihan, yaitu: Sinkronisasi dan Tarik Data. Sinkronisasi bisa di lakukan jika semua data di dapodik sudah valid dan sudah di validasi. Sedangkan Tarik data hanya digunakan untuk menarik data perubahan yang dirubah secara online di vervalpd, vervalptk, dll. Untuk lebih jelasnya tentang Sinkronisasi dan Tarik data bisa dibaca di sini: Sinkronisasi dan Tarik Data di Dapodik 2021

Tapi bagaimana jadinya jika saat akan melakukan sinkronisasi malah terjadi masalah, misalnya: Koneksi dengan server Disconnected atau koneksi dengan server Belum Terhubung. Apa yang harus dilakukan supaya status koneksi menjadi terhubung?


Jaringan tidak terhubung di dapodik
Koneksi Dengan Server Belum Terhubung

Untuk mengatasi dan memperbaiki status koneksi belum terhubung atau jaringan disconnected di menu sinkronisasi dapodik, berikut akan kita bahas bersama-sama.

1. Pastikan Laptop anda sudah terhubung ke Jaringan Internet. Baca : Cara membuat hotspot di hp android dan menghubungkan ke Laptop

2. Jika belum update Dapodik, silahkan update ke versi terbaru terlebih dahulu.

3. Jaringan Internet yang digunakan harus lancar. Tidak boleh putus-putus atau jaringan tidak boleh lambat. Untuk mengetahui lancar tidaknya jaringan internet, berikut cara mengetahuinya:
  • Tekan Logo Windows + R secara bersamaan, atau bisa juga melalui klik start kemudian di kolom search ketikkan Run.
Cara melakukan Ping internet
Isian kode di Menu Run
  • Ketikkan kode berikut pada menu isian Run : ping google.com -t
  • Kemudian tekan enter
  • Jika jaringan lancar, maka akan muncul jendela Command Prompt seperti ini :

Koneksi Jaringan Lancar
Koneksi Jaringan Lancar

  • Namun sebaliknya jika koneksi tidak bagus, maka akan muncul seperti ini :

Koneksi Jaringan Buruk
Koneksi Jaringan Buruk

4. Selanjutnya setelah koneksi dipastikan bagus, kemudian validasi semua tab di menu validasi Dapodik
5. Setelah selesai kemudian klik menu sinkronisasi
6. Biasanya jika jaringan bagus maka di menu sinkronisasi akan muncul pesan: Status Koneksi Dengan Server Terhubung seperti gambar di bawah: 


Status jaringan Terhubung
Jaringan Terhubung

7. Namun jika status koneksi Belum Terhubung Seperti gambar pertama diatas, maka lakukan hal-hal berikut: 
  • Klik tombol Reload di menu sinkronisasi, seperti gambar yang diberi kotak warna merah di atas. Lakukan secara berulang-ulang, minimal 3x reload.
  • Jika belum ada perubahan, refresh halaman dapodik dengan cara Tekan tombol ctrl + F5 di keyboard atau klik tombol reload/refresh di pojok kiri atas browser. Lakukan juga minimal sebanyak 3x. 
  • Jika belum juga ada perubahan maka lakukan hal-hal berikut : terlebih dahulu tutup Aplikasi Dapodik, kemudian putuskan/disconnected jaringan intenet. Koneksikan kembali jaringan internet kemudian buka aplikasi dapodik dan lakukan langkah-langkah sinkronisasi seperti biasa.
Normalnya jika sudah mencoba cara-cara diatas, status yang tadinya belum terhubung di sinkronisasi dapodik biasanya akan berubah menjadi Terhubung. Namun jika tidak ada perubahan sama sekali, maka kemungkinan server pusat sedang melakukan maintenance atau perbaikan.

Kemungkinan lain yaitu Server sedang diakses oleh banyak pengguna (banyak operator yang sedang melakukan Sinkronisasi secara bersamaan) sehingga server kepenuhan dan sinkronisasi tidak bisa dilakukan. Pesan yang muncul ketika server sedang penuh yaitu : "Pengguna Layanan Sinkronisasi Sedang melebihi batas, silahkan dicoba beberapa menit lagi...". Jika terjadi seperti ini, maka usahakan untuk melakukan sinkronisasi pada waktu malam hari, atau menjelang waktu magrib dan subuh.

Masalah lain yang mungkin terjadi saat proses sinkronisasi dapodik yaitu muncul pesan: "Proses sinkronisasi sedang berjalan, silahkan coba beberapa saat lagi...". Masalah ini sebenarnya dikarenakan sebelumnya (kira-kira 5-10 menit sebelumnya), operator melakukan sinkronisasi namun gagal. Sehingga pada saat akan melakukan sinkronisasi kembali muncul pesan seperti diatas.

Untuk mengatasinua cukup gampang, silahkan tunggu 10-20 menit. Kemudian lakukan sinkronisasi kembali, mudah-mudahan tidak muncul lagi pesan tersebut.

Nah demikian cara-cara  mengatasi Problem Koneksi Belum terhubung, jaringan disconnected, pengguna layanan penuh dan proses sinkronisasi sedang berjalan di Aplikasi Dapodik. Mudah-mudahan bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close