Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Mengenal RKT dan CTR di Google Adsense

Apa itu RKT dan CTR di Google Adsense?

RKT dan CTR mempunyai pengertian yang sama, hanya saja berasal dari bahasa yang berbeda. Jika RKT berasal dari bahasa Indonesia, sedangkan CTR berasal dari bahasa Inggris.

RKT (Rasio Klik Tayang) atau CTR (Click Through Rate) adalah Hitungan Persentase atau rasio klik yang dihasilkan pada Iklan yang tampil di blog. Berapa banyak Iklan yang tampil di blog kemudian berapa pengunjung yang melakukan klik pada iklan yang tampil tersebut. Perhatikan contoh pada gambar dibawah: 

Pengertian RKT dan CTR google Adsense
CTR (Click Through Rate)/RKT (Rasio Klik Tayang)

Pada gambar diatas terlihat bahwa CTR atau RKT nya adalah 1.48 %. Kemudian Klik = 347 dan Tayangan Iklan = 23.504. 


Bagaimana cara menghitung persentase CTR/RKT Google Adsense? 

Jumlah tayangan Iklan Adsense di blog yang terlihat pada gambar diatas sebanyak 23.504, kemudian klik yang didapatkan adalah 347 klik. Cara menghitung Click Through Ratenya (CTR) yaitu: Jumlah Klik 347 x 100, kemudian hasil perkaliannya dibagi jumlah iklan yang tampil sebanyak 23.504 maka akan didapat hasil: 347 x 100 : 23.504 = 1,476 % dan dibulatkan keatas menjadi 1,48 %. 

Pembulatan ini tergantung dari hasil persentase diatas, bisa pembulatan keatas dan bisa juga pembulatan kebawah. 


Apa kegunaan RKT / CTR di Google Adsense?

Seperti yang telah kita bahas diatas, RKT atau CTR adalah persentase klik tayang iklan. Berapa iklan yang didapat dan berapa klik yang dihasilkan. RKT ini bertujuan untuk mengontrol atau melihat besaran klik iklan yang didapat kemudian dari persentase tersebut pemilik blog bisa mengetahui apakah Rasio Klik Tayang iklan tersebut masih dalam batas kewajaran, RKT terlalu tinggi atau malah RKT terlalu kecil. Baca: Cara Penempatan Iklan Adsense yang Menarik Pengunjung 


Berapa Persentase RKT / CTR yang terbilang Kecil, Besar, atau masih Aman/dalam batas kewajaran Google Adnsese?

- Persentase RKT yang kecil bisa dibilang berada dibawah angka 5 %, karena hanya sedikit klik yang dihasilkan dari sekian banyak pengunjung. Dan tentu saja Klik yang sedikit ini juga mempengaruhi pendapatan dari Iklan google adesense. 

Namun Keuntungan Klik yang kecil yaitu bisa dibilang masuk kategori sangat wajar atau kategori sangat aman. Kenapa digolongkan kategori sangat aman? karena kemungkina besar Klik yang dihasilkan pada iklan Google Adsense adalah klik yang benar-benar murni dari pengunjung. Bukan klik yang disengaja atau dibuat-buat oleh pemilik blog.  

- Persentase RKT yang bisa dibilang cukup besar adalah diatas 5 % dan dibawah 10 %. CTR yang dihasilkan pada angka ini terbilang masuk dalam kategori cukup aman dan masih dalam batas kewajaran.

- Sedangkan untuk Click Through Rate (CTR) yang berada pada kategori tidak aman adalah 10% keatas. Sebenarnya untuk angka pastinya, saya tidak tahu persis berapa Rasio Klik tayang yang masih dalam batas kewajaran / masih dibilang aman. Namun banyak para blogger senior yang mengatakan bahwa CTR yang kurang aman atau harus berhati-hati adalah CTR yang berada diatas angka 10% keatas. 

Kenapa dibilang tidak aman, karena disinyalir ada klik-klik iklan adsense yang tidak wajar atau klik yang dilakukan oleh pemilik blog itu sendiri. Atau bisa jadi ada pengunjung yang jahil dan melakukan bom klik pada iklan adsense.


Apa Resiko CTR/RKT yang terlalu tinggi atau CTR diatas 10%

Tentu saja Google Adsense akan melakukan peninjauan terlebih dahulu terhadap klik iklan yang dihasilkan tersebut. Baik itu klik iklan yang CTR nya kecil, besar dan klik yang terlalu tinggi. Semua akan ditinjau oleh google, apakah klik tersebut adalah murni klik dari pengunjung, apakah klik tersebut adalah klik yang tidak disengaja (invalid traffic), dan apakah klik tersebut adalah klik yang dibuat-buat.

Jika diketahui klik tersebut adalah murni dari pengunjung, maka tidak akan ada sanksi dari Google Adsense. Namun jika klik tersebut adalah klik yang dibuat-buat oleh pemilik blog, bom klik, invalid traffic, maka google akan memberikan sanksi.

Sanksi dari google adsense ini juga bermacam-macam, ada yang diberi peringatan langsung oleh google adsense melalui email, ada yang penghasilannya/saldo pada akhir bulan dipotong atau dikurangi oleh google adsense(invalid trafic) dan sanksi yang paling parah adalah Akun google adsense akan dibanned.  


Akhir kata, itulah Pengertian CTR dan RKT, bagaimana cara menghitung RKT/CTR, kegunaan CTR/RKT dan Resiko jika RKT terlalu tinggi. Mudah-mudahan artikel singkat diatas bisa berguna bagi sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!! 
Baca juga
close
close