Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Pengertian dan Contoh Curriculum Vitae CV

Apa pengertian dari Curriculum Vitae?

Curriculum Vitae atau lebih dikenal dengan CV adalah dokumen yang memberikan gambaran tentang pendidikan seseorang, pengalaman kerja, keterampilan, dan kualifikasi lain yang relevan. 

Curriculum Vitae ini biasanya digunakan untuk melamar kerja baik itu di posisi akademik, posisi penelitian, atau peran profesional tertentu di mana diperlukan penjelasan rinci tentang latar belakang dan pencapaian seseorang. 

Saat membuat CV, penting untuk menyesuaikannya dengan pekerjaan spesifik yang akan Anda lamar dan mnambahkan informasi yang paling relevan. 

Berikut adalah Contoh poin-poin penting yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan Curriculum Vitae atau CV:

1. Data diri

Nama:
Alamat: 123 Main Street, Kota, Negara Bagian, 
Kode Pos Telepon: (123) 456-7890 
Email: namaanda@email.com 

2. Tujuan Anda Melamar Pekerjaan: Pernyataan singkat yang menguraikan tentang tujuan Anda melamar pekerjaan dan posisi spesifik yang Anda lamar. 

3. Pendidikan: Jelaskan secara singkat tentang riwayat pendidikan Anda.

4. Pengalaman kerja: Apa saja pengalaman kerja yang pernah anda alami dari mulai Jabatan, Nama Perusahaan, Kota dan Tahun berapa. Jelaskan juga tentang tanggung jawab, pencapaian, dan proyek besar yang pernah anda kerjakan. 

5. Keterampilan: Cantumkan juga keterampilan teknis yang relevan, sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar. Jika Anda melamar di bidang IT maka anda bisa mencantumkan keterampilan anda seperti: bahasa pemrograman, kemahiran perangkat lunak, dll. Soroti soft skill apa pun, seperti komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, dll. 

6. Publikasi/Presentasi: Cantumkan makalah penelitian, artikel, atau presentasi yang telah Anda tulis atau kontribusikan (jika ada).

7. Penghargaan yang pernah Anda terima: Tuliskan juga penghargaan akademik atau profesional yang pernah Anda terima (jika ada).

8. Referensi: (Opsional) Berikan nama, jabatan, dan informasi kontak individu yang memberikan referensi untuk Anda. 

Ingatlah untuk menyesuaikan CV berdasarkan persyaratan pekerjaan dan keterampilan serta pengalaman khusus yang ingin Anda tekankan. Penting juga untuk membuat CV Anda ringkas, jelas, dan terorganisir dengan baik, biasanya dalam satu atau dua halaman. 

Perhatikan bahwa format CV dapat bervariasi berdasarkan preferensi regional dan norma industri. Dianjurkan untuk meneliti persyaratan atau pedoman khusus untuk pekerjaan atau negara target Anda saat menyiapkan CV Anda.

Semoga bermanfaat...!!!

Baca juga
close
close