Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Menghitung Penjumlahan di Excel untuk Pemula

Bagaimana cara menghitung penjumlahan/SUMdi Microsoft Excel?

Di Microsoft Excel, fungsi SUM adalah fungsi matematika yang banyak digunakan untuk menjumlahkan angka dalam rentang baris atau kolom. Ini adalah fungsi atau tool sederhana namun sering digunakan untuk melakukan perhitungan dalam spreadsheet excel. SUM sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya Penjumlahan atau Penambahan.

Lalu bagaimana langkah-langkah menggunakan fungsi SUM atau penjumlahan di Microsof excel? Simak penjelasan berikut: 

1. Buka Microsoft Excel dan buat lembar kerja baru atau buka yang sudah ada. 

2. Masukkan angka yang ingin Anda jumlahkan dalam kolom:column atau baris:cell. Misalnya, Anda akan menjumlahkan angka 10, 20, 30, 40, dan 50 di cell B3 sampai cell B7. 

Note: Penjelasan apa itu B3 (B adalah kolomnya, sedangkan 3 adalah barisnya. Artinya angka tersebut akan diketik di kolom B dari baris ke 3 sampai dengan Baris ke 7) lihat contoh dibagian bawah.

3. Pilih cell atau baris tempat Anda ingin menampilkan jumlah. Misalnya, jika Anda ingin jumlahnya muncul di cell C3, klik cell tersebut. 

Contoh SUM di excel
Contoh Penjumlahan/SUM di Microsoft Excel

4. Di bilah rumus (terletak di atas lembar kerja), ketik: =SUM(Pilih rentang sel yang berisi angka yang ingin Anda jumlahkan). Dalam contoh ini, pilih cell atau blok B3 sampai B7, Anda juga bisa menginput secara manual. Kemudian tekan Enter. 

5. Rumusnya akan terlihat seperti ini: =SUM(B3:B7). Excel akan menghitung jumlah rentang yang dipilih dan menampilkan hasilnya di cell yang Anda pilih. Dalam contoh ini, jumlah dari 10, 20, 30, 40, dan 50 adalah 150, sehingga sel C3 akan menampilkan nilai 150. 

Anda juga dapat menggunakan tombol Auto SUM di tab Beranda di Menu Excel. Ini secara otomatis memilih rentang sel yang menurutnya paling cocok untuk dijumlahkan berdasarkan data yang berdekatan. Cukup klik sel tempat Anda ingin jumlah muncul, lalu klik tombol Autosum (Σ) di menu, dan Excel akan mengisikan rumus untuk Anda.

Semoga bermanfaat...!!!

Baca juga
close
close