Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Hard Reset atau Factory Reset HP Android / Smartphone

Cara reset HP Android
Android

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengertian hard reset pada hp android atau smartphone. Kali ini kita akan membahas tentang cara melakukan hard reset atau factory reset pada hp android atau smartphone semua merk seperti :  samsung, xiaomi, asus, oppo, vivo, realme, polythron, huawei, advan, dll. 

Sebelum melakukan hard reset hal terpenting yang perlu sahabat-sahabat ketahui adalah hard reset merupakan jalan terakhir yang dilakukan jika  memang tidak bisa lagi memperbaiki kerusakan yang terjadi pada smartphone. Karena tentu saja efek dari hard reset itu sendiri adalah hilangnya semua data-data yang ada pada smartphone.

Jika masih ada cara lain untuk dilakukan, cobalah terlebih dahulu cara tersebut. Barulah jika benar-benar sudah mentok lakukan factory reset ini. 

Langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum melakukan hard reset adalah:


PERSIAPAN SEBELUM RESET SMARTPHONE ANDROID

  1. Pastikan batere HP dalam keadaan terisi penuh atau minimal 50%.
  2. Khusus untuk Android versi Lollipop keatas, sebelum melakukan hard reset pastikan dulu anda mengingat password dan akun google yang terkait di hp tersebut atau sebelum hard reset hapus dulu semua akun google yang terkait di smartphone. Dan jika smartphone memiliki kunci/password atau pola harus diingat juga polanya.  Karena untuk versi lollipop ke atas, google sudah meluncurkan fitur Perlindungan Penyetelan Ulang Pabrik yang bertujuan untuk mencegah hard reset yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau ketika handpone hilang dicuri. Jadi ketika akan atau selesai hard reset maka anda akan diminta untuk memasukkan kembali password akun google yang terkait di hp tersebut dan juga pola atau password. Jika sudah terlanjur melakukan hard reset tapi lupa email dan password, berikut cara mengatasinya : Melewati verifikasi Akun google saat reset Hp android
  3. Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan, selanjutnya kita menuju ke langkah berikutnya.

CARA HARD RESET/FACTORY RESET HP ANDROID

Note : Sebenarnya proses hard reset ini sedikit bervariasi berdasarkan perangkat atau merk hp yang sahabat gunakan. 

  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan. Ketika muncul logo atau ketika hp bergetar lepaskan tombol secara bersamaan. Semua tergantung pada merk dan jenis samrtphon yang dipakai. Ada yang menekan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan kemudin ketika muncul logo lepaskan tombol power saja sedangkan tombol volume up tetap ditahan sampai muncul menu hard reset. Salah satunya adalah HP Xiaomi. Ada juga yang menekan tombol Volume down dan tombol power secara berbarengan. Silahkan coba berbagai macam cara diatas, tp yg lebih umum adalah cara yang pertama, yaitu menekan Volume Up dan Power secara bersamaan.  
  • Setelah melakukan langkah tersebut tunggu prosesnya beberapa saat dan sahabat akan memasuki recovery mode, lihat gambar:

Cara hard reset dan factory reset hp android
Wipe Data/factory reset

  • Gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menggeser kursor ke atas dan kebawah
  • Kemudian pilih menu " wipe data / factory reset ", dan tekan ok atau tombol power. Sahabat akan diberi peringatan bahwa semua data yang ada pada smartphone akan terhapus. 
  • Tunggu proses wipe data/factory reset selesai dan smartphone akan merestart sendiri. Tp pada beberapa kasus ada yang harus restart manual, pilih saja menu " reboot system now "
  • Setelah selesai semua, maka hp akan booting dan memulai lagi persis seperti hp baru yang baru dibeli dari toko. Biasanya proses ini agak lama, jadi tunggu saja.

Baca juga:

Demikian cara hard reset, factory reset atau wipe data pada android dan smartphone semua tipe samsung, xiaomi, asus, oppo, vivo, polythron, huawei, advan. Jika ada kendala atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...!!!

Baca juga
close
close