Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

HP Android Lemot ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara memperbaiki HP Android atau Smartphone yang berjalan Lambat, Lelet, Lemot. 

Sahabat pasti sering mengalami kendala tersebut, kenapa tiba-tiba HP Android atau smartphone/tablet yang kita gunakan terasa lambat sekali. Terkadang juga HP Android mengalami Hang, dan cepat panas. Padahal sebelumnya normal, tapi baru 1 atau 2 bulan pemakaian sudah terasa lambat dan cepat panas. Dan handphone yang digunakan juga spesifikasinya sudah cukup mumpuni. Tapi saat dipakai masih terasa lamba/ lemot?


Memperbaiki hp android lemot dan lambat
Android

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut akan saya jelaskan beberapa hal yang menyebabkan kenapa smartphone menjadi lambat.

PENYEBAB SMARTPHONE ANDROID BERJALAN LAMBAT

1. Widget yang Terlalu Banyak

Widget memang membuat tampilan HP terlihat lebih menarik dan keren. Selain enak untuk dipandang, widget juga memberikan akses langsung ke tempat yang kita masukkan ke dalam widget itu. Tapi jangan salah, widget yang terlalu banyak apalagi disertai dengan animasi tentu akan memakan ram lebih banyak dan membuat Handphone menjadi lemot dan cepat panas.

Cara Mengatasi : Hapus widget yang menurut anda kurang bermanfaat, cukup letakkan widget yang dibutuhkan. Misal : penanda waktu/jam dan cuaca.


2. Animasi Walpaper 
Selain Widget, Animasi atau gambar bergerak juga membuat HP Android terlihat sangat keren. Biasanya kita sering menggunakan Animasi untuk walpaper, seperti Walpaper kolam yang di dalamnya ada ikan berenang atau animasi air terjun dll.
Tapi sama seperti widget, animasi juga adalah salah satu pencuri RAM di perangkat Android, sehingga membuat HP menjadi lemot. Bukan hanya itu saja, animasi juga membuat batere lebih cepat habis. 

Cara Mengatasi : Ganti Wallpaper dengan gambar yang biasa saja, lebih bagus lagi dengan gambar yang tidak terlalu cerah atau cukup dengan gambar yg didominasi dengan warna hitam. Karena warna hitam tidak perlu memakai pencahayaan yang terlalu berlebihan, sehingga pemakaian batere agak sedikit berkurang.


3. Aplikasi yang di Instal Terlalu Banyak
Terkadang kita sering menginstal aplikasi yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan atau hanya sekali-sekali saja dipakai. Atau ada juga yang tidak sengaja menginstal aplikasi, biasanya dikarenakan membuka games atau browser yang mengandung iklan. 

Aplikasi yang terlalu banyak bisa menyebabkan HP Android menjadi lemot. Dikarenakan ketika  menginstal aplikasi, maka akan mengurangi ruang yang tersisa di Android. Dan aplikasi yang di instal juga biasanya berjalan di latar belakang (background) sehingga menghabiskan banyak RAM.

Semakin sempit RAM yang tersisa tentunya akan menghambat lalu lintas yang dibutuhkan handphone untuk bekerja secara optimal.

Cara Mengatasi : Uninstal atau hapus aplikasi yang tidak terpakai, cukup instal aplikasi seperlunya saja. Atau instal Aplikasi tersebut ketika akan dipakai, dan hapus kembali jika sudah tidak dipakai lagi.


4. Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang (background)
Seperti yang saya jelaskan diatas, Aplikasi yang diinstal itu biasanya berjalan sendiri di latar belakang (background) tanpa sepengetahuan kita. Atau memang ada aplikasi bawaan HP yang tidak bisa dihapus tetapi selalu berjalan dilatar belakang.

Cara Mengatasi : Buka Manajer Aplikasi jika ada aplikasi yang tidak terpakai dan berjalan silahkan hapus atau uninstal. Biasanya Aplikasi bawaan tidak bisa dihapus, kecuali jika hp sudah diroot. Jika tidak bisa dihapus, non aktifkan aplikasi atau paksa berhenti. 


5. Aplikasi Update/Pembaharuan Aplikasi, memperlancar atau malah membuat lemot?
Hal ini masih menjadi perdebatan para pengguna android, ada yang mengeluh HP menjadi lemot setelah update aplikasi. Tapi ada juga yang bilang HP menjadi lancar setelah di update. Lalu mana yang benar? jawabannya tentu saja relatif. 

Update aplikasi tentu saja menambah ukuran besaran aplikasi dan lebih banyak memori yang digunakan. Tapi di satu sisi ada aplikasi yang memang membutuhkan update karena ada beberapa bug atau penambahan fitur baru. 

Cara Mengatasi: Update lah aplikasi seperlunya saja, tentu saja dengan mendahulukan aplikasi yang memang kita butuhkan. Jika tidak terlalu dibutuhkan, tidak perlu untuk di update.


6. Bersihkan Cache Data
Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang pernah anda gunakan. Dengan adanya cache di Android, anda akan dengan cepat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan. Namun, dibalik manfaatnya tersebut, cache yang dibiarkan menumpuk menyebabkan memori penuh dan jika memori penuh tentu saja akan membuat Android kamu menjadi lemot.

Cara Mengatasi : Sekali-sekali bersihkan cache dari setiap aplikasi yang sering anda gunakan. Caranya, masuk Pengaturan - Aplikasi - Semua Aplikasi, lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, dan pilih Clear Cache. Atau, juga bisa sekaligus membersihkan cache melalui menu Penyimpanan - Bersihkan Cache dan pilih OK saat ada pop up.


7. Matikan Auto-Sync atau Sinkron Otomatis 
Fitur Auto-Sync atau sinkron otomatis memang sangat berguna. Karena setiap data yang ada di hp android entah itu gambar, kontak video bisa langsung di simpan di google atau cloud melalui layanan sinkron otomatis. Namun hal ini berdampak besar pada kinerja Android. Terkadang setiap menit hp android melakukan auto sinkron, tergantung dari data yang kita masukkan ke hp. Sehingga efeknya memakan RAM lebih banyak.

Cara Mengatasi : Matikan Auto-Sync atau sinkron otomatis. Lakukan sinkronisasi secara manual dan cukup sekali saja dalam sehari, misal di malam hari menjelang tidur.


8. Gunakan Launcher yang Lebih Ringan
Salah satu kelebihan Android yang membuatnya banyak digunakan adalah kemudahan untuk melakukan kustomisasi. Jika bosan dengan tampilan/launcher yang dibawa oleh perangkat Android bawaan, kamu bisa coba menggunakan Launcher lain.

Cara Mengatasi : Terkadang Launcher bawaan dari Android yang kita gunakan terlalu banyak animasi dan otomatis akan terasa lemot. Cobalah memakai Launcher lain yang lebih ringan dan banyak tersedia di playstore. 


9. Kerusakan Pada Sistem karena virus atau malware
Virus dan Malware adalah salah satu penyebab hp menjadi lemot, virus bisa menyebabkan sistem menjadi rusak dan otomatis hp menjadi lemot dan bisa menyebabkan hp hang.

Cara Mengatasi : Install antivirus, atau cukup dengan antivirus bawaan tetapi harus selalu di update. Jika kerusakan sudah terlanjur terjadi, sebaiknya anda melakukan Hard Reset pada HP Android


Baca juga:


Itulah beberapa penyebab HP android menjadi lemot dan cara-cara mengatasinya. Jika ada kendala atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close