Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Pengertian Factory Reset atau Hard Reset pada HP Android

Factory Reset dan Hard Reset - Bagi para pengguna smartphone android pemula, mungkin jarang atau belum pernah sama sekali mendengar istilah Factory Reset atau Hard Reset. Memang untuk HP android yang baru dibeli, hard reset ini jarang atau nyaris tidak pernah digunakan, karena memang tidak perlu atau belum perlu untuk melakukan hard reset.


Apa pengertian Factory reset
Factory reset/Hard Reset Android

Hard reset atau dikenal juga dengan Factory Reset adalah memulihan atau mengembalikan perangkat atau sistem operasi android ke kondisi awal seperti saat baru dibeli dari pabrik. Dengan kata lain, ketika melakukan hard reset maka semua pengaturan, aplikasi dan data yang pernah kita tambahkan akan dihapus dan dikembalikan ke setelan atau pengaturan pabrik

ALASAN MENGAPA SMARTPHONE ANDROID HARUS DI RESET

  1. HP Android mengalami kegagalan sistem, dikarenakan terkena virus atau ada data sistem yang tanpa sengaja  terhapus sehingga hp tidak bisa digunakan.
  2. Hp stuck di logo atau booting dan tidak bisa masuk ke sistem, ini kurang lebih disebabkan oleh kegagalan seprti no 1 diatas tapi bisa juga disebabkan ada kegagalan ketika mengupdate sistem android sehingga hp stuck di logo.
  3. HP mengalami hang, disebabkan terlalu banyak aplikasi yang diinstal seperti games dll.
  4. Data overload atau kepenuhan, biasanya terjadi karena kebanyakan foto dan video yang disimpan di dalam hp dan sampah yang ada dalam memori jarang dibersihkan. Sehingga menyebabkan HP lemot atau Lambat. Baca Artikel: Penyebab HP android lemot atau Lambat 
  5. Lupa pola atau sandi, biasanya hal ini terjadi pada pengguna yang sering gonta-ganti sandi atau pola. 
  6. HP Android akan dijual, nah ini perlu diperhatikan bagi sahabat-sahabat yang akan menjual hp nya agar terlebih dahulu melakukan Factory atau hard reset agar tidak terjadi kebocoran data pribadi.
Hard reset dapat diselesaikan melalui berbagai prosedur, tergantung pada perangkat android apa yang digunakan. Hard reset juga biasanya tersedia pada fitur sistem operasi android itu sendiri melalui setting => kembalikan ke pengaturan pabrik, atau bisa juga melalui aplikasi. Misalnya Android Factory Reset, yaitu fitur yang menghapus semua pengaturan, data pengguna, aplikasi pihak ketiga, dan data aplikasi terkait di memori internal perangkat Android. 

Tetapi hard reset melalui aplikasi atau setting akan menjadi kendala ketika hp yang akan di hard reset itu disebabkan oleh kegagalan sistem atau lupa sandi dan pola. Tentu saja hal ini menyebabkan kita tidak bisa masuk ke menu android dan otomatis aplikasi tersebut tidak bisa digunakan.

Lantas jika hal itu terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Jangan dulu pusing, karena di artikel saya selanjutnya kita akan membahas cara Hard reset / factory reset hp android. 

Baca: 

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian factory reset atau hard reset. Jika ada koreksi atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...!!!  
Baca juga
close
close