Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Mengenal Nama dan Versi Android

Mengenal Nama-nama dan versi andorid
Android

Setelah pembahasan kita sebelumnya yaitu: Pengertian dan Sejarah Android, kali ini kita akan membahas tentang jenis dan versi Android. Sahabat tentu sudah mengetahui banyak sekali jenis dan versi android, tapi mungkin tidak hapal satu persatu. 

Apalagi hampir setiap tahun Android selalu merilis jenis dan versi terbarunya. Pembaruan ini tentu saja digunakan untuk meningkatan performa dan rilis fitur-fitur baru dari Android. Yang perlu sahabat ketahui adalah android selalu merilis nama dengan menggunakan nama makanan dan sesuai dengan abjad.

Nah, berikut ini nama-nama dan versi dari Android yang perlu sahabat ketahui: 

NB: Nama dan versi android yang ada di artikel ini dihitung sejak keluarnya Android pertama kali yaitu tahun 2008 hingga Tahun 2018.


NAMA DAN JENIS ANDROID


1. Apple Pie versi 1.0

OS pertama yang dimiliki oleh Android adalah Apple Pie, OS ini dirilis pada tanggal 23 September 2008. Fitur yang dibawah oleh Apple Pie ini antara lain Download dan update via android market, web browser, Google maps, Youtube, dll. Meskipun operasi sistem Apple Pie di miliki sudah bisa dikatakan lengkap dan memadai, tetapi di android yang pertama ini masih banyak kendala-kendala yang terjadi.

2. Banana Bread versi 1.1

Banana Bread merupakan nama kedua yang dirilis oleh Android, versi 1.1 ini dirilis pada bulan Februari 2009. Android ini merupan perbaikan dari vesi android sebelumnya. Penambahan fiturnya antara lain yaitu Menyimpan MMS attachment.

3. Cup Cake versi 1.5

OS yang ketiga yaitu Cup Cake, versi 1.5 ini mulai menunjukkan kecanggihannya. Dirilis pada April 2009, Android ini sangat populer dan banyak digunakan oleh banyak orang. Karena fiturnya yang mampu mengupload video ke youtube dan mampu mengupload gambar ke google picasa.

4. Donut versi 1.6

OS berikutnya yaitu Donut, versi ini dirilis pada bulan September 2009, di versi ini Google mulai memperbaiki masalah/bug yang membuat Android ini lebih sempurna. Ditambah lagi dengan fitur nafigasi turn-by-turn, gesture framework, google maps dan android market yang memudahkan untuk mengunduh aplikasi. Sedangkan pada sistem suara dan pencarian suara android versi donut ini sudah mampu dan menangkap suara lebih akurat.

5. Eclair versi 2.0-2.1
Android selanjutnya adalah Android Esclair, Android Esclair ini di rilis pada Oktober 2009. OS android ini sebenarnya di bedakan menjadi beberapa versi yaitu versi 2.0 dan 2.1 namun dalam satu nama dan dalam kurun waktu yang singkat. Android versi Esclair lebih berfokus pada system hardware yang terlihat dari versi sebelumnya dan memiliki sedikit fitur utama. Dalam sistem android ini ada fitur dan perbaikan nya yaitu : HTML, Digital Zoom, Bluetooth 2.1 dan Live wallpapers.

6. Froyo atau Forzen Yogurt versi 2.2
Android Forzen Yogurt atau dikenal dengan Froyo ini adalah paduan antara Android dan Google Chrome. Ditandai dengan ditambahkanya script Chrome dengan upaya untuk meningkatkan kecepatan kinerja dan juga fitur adobe flash 10.1. Peningkatan speed, USB thetering, Animated Gifs dan juga mampu mengupload file ke browser adalah beberapa fitur baru yang ditambahkan di Android versi 2.2 ini. 

7. Gingerbread versi 2.3
OS android versi 2.3 yang diberi nama Gingerbread ini sudah memiliki fitur dan kinerja yang lebih baik dari OS sebelumnya. Android ini memiliki 2 versi yaitu versi 2.3 - 2.3.2 di rilis pada 6 desember 2010. Dan versi android ke dua yaitu versi 2.3.3 - 2.3.7 di rilis pada 9 februari 2010. 

Android ini sudah bisa digunakan untuk bermain game. Fitur NFC yaitu teknologi yang mampu melakukan pembayaran mobile untuk menerima info dan barang gratis. Android gingerbread ini juga sudah dilengkapi fitur perbaikan yaitu meliputi: Update UI, Suport Video Call, peningkatan Copy Paste.

8. Honeycomb versi 3.0-3.2
Honeycomb adalah nama selanjutnya yang diberikan oleh Android. Dirilis pada Februari 2014, android ini dibagi kedalam 3 versi yaitu:

  1. Versi 3.0, pada versi ini ada perbaikan-perbaikan dan juga penambahan fitur yaitu : Suport multicore, Update 3D UI, home screen, Ebooks dan juga Private Browsing.
  2. Versi 3.1 dilengkapi beberapa fitur yaitu : Peningkatan UI, Notifikasi MTP, Home screen yang bisa di atur ukurannya, Suport Mouse, Joystick dan USB Host API.
  3. Versi 3.2, pada versi ini terdapat fitur yang mengalami perbaikan dan penambahan yaitu : Optimise untuk berbagai tablet, Sinkronasi dari media dari SD Card, Dan mode kompatibilitas display.

9. Ice Cream Sandwich versi 4.0

Dirilis pada 18 oktober 2011. Android versi 4.0 ini memiliki fitur dan perbaikan yang meliputi: penggunaan sistem lock screen, fitur wifi direct, koreksi ejaan, ekstra multitasking dan notifikasi yang lebih banyak. Dalam android versi ice cream sendiri memiliki teks atau gaya huruf yang simpel namun elegan yaitu roboto . Reformasi Android mulai terlihat dengan adanya Ice Cream Sandwich ini, dimana OS versi ini mulai bekerja disemua jenis platform dan smartphone seperti tablet.

10. Jelly Bean versi 4.1
Android Jelly Bean ini dirilis pada 9 Juli 2012, versi 4.1 ini sudah sangat baik dari versi sebelumnya karena sudah terdapat fitur prediksi cuaca yang sangat akurat dan pencarian menggunakan voice dan sudah bisa menggunakan aplikasi BBM, dimana pada saat itu bbm menjadi aplikasi primadona bagi seluruh kalangan.


11. KitKat versi 4.4

Android Versi 4.42 atau bernama KitKat ini dirilis pada 31 Oktober 2013. Android versi 4.4 sangat populer karena dilengkapi fitur video call, streaming lancar, dan juga terdapat screen recording untuk merekam aktivitas layar pada android yang kita miliki. Android kitkat juga memiliki kinerja yang cepat saat membuka aplikasi dan internetan.


12. Lolipop versi 5.0
Android Lolipop adalah Android versi terbaru yang diluncurkan Google pada tahun 2014. Versi 5.0 ini pertama kali digunakan di Smartphone Google Nexus 6. Fitur yang diusung meliputi: Desain baru material, peningkatan kecepatan, daya tahan battery dan juga suport multi card. Tampilan android yang semakin elegan dengan latar navbar mengikuti aplikasi yang kita buka. Sampai tahun 2018 Android ini masih banyak digunakan.


13. Marshmallow versi 6.0

Rilis Terbaru Android pada Oktober 2015 adalah versi 6.0 yang diberi nama Marshmallow. Banyak yang mengira bahwa versi android seteleah versi 5.0 Lollipop adalah Milkshake, namun google membantahnya. Google secara resmi mengeluarkan Android versi 6.0 dan diberi nama Marshmallow. Dilengkapi dengan fitur canggih seperti, daya tahan baterai yang meningkat, suport USB type C, permisions dashboard, dan juga support fingerprint yaitu pengunci layar yang menggunakan sidik jari yang masih populer hingga saat ini.

14. Nougat versi 7.0 
Nougat adalah versi nama baru yang dirilis android pada pertengahan 2016. Setelah beberapa lamanya, Google menghadirkan OS Nougat secara resmi untuk publik. Pembaruan yang paling mendasar pada versi Nougat adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten tersebut lebih bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai fungsi. Dan juga meningkatkan fitur doze. Android versi nougat ini juga memiliki dukungan platform Virtual Reality dari google yaitu Melihatlayar android dengan memakai alat khusus dan mampu melihatnya secara nyata dan 3D. Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze.


15. Oreo versi 8.0

Oreo dirilis pada tanggal 22 Agustus 2017, versi 8.0 ini dilengkapi fitur Picture-in-Picture video, Fitur Auto-enable Wi-Fi, Fitur Pinned shortcuts and widgets, keamanan yang ditingkatkan dengan Google Play Protect, Peningkatan pada Koneksi Bluetooth Audio, keyboard shortcuts, peningkatan pada kualitas Suara dan masih banyak lagi fitur-fitur lainya.


16. Pie versi 9.0
Dirilis pada Agustus 2018 dan diberi nama Pie. Android versi 9.0 ini merupakan pemutakhiran dan versi seblumnya yaitu oreo. Dan tentu nya dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih mumpuni.


Itulah beberapa nama dan versi android yang mungkin belum sahabat ketahui. Mungkin setelah artikel ini dibuat akan muncul lagi versi-versi terbaru dari Sistem operasi android. Jika ada koreksi atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close