Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Pengertian Android dan Sejarah Android


Pengertian Android dan sejarah android
Android


Sahabat pengguna Android, kita tentu sudah sering mendengar istilah tentang android. Kita biasa menyebutnya HP atau Handphone Android. Tapi, kebanyakan dari kita cuma mengetahui bahwa android itu adalah HP atau smartphone dan belum mengetahui secara rinci apa itu android.

Nah berikut ini akan kita bahas tentang pengertian android dan bagaimana sejarah nya

1. Pengertian Android

Android adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Google, berdasarkan versi modifikasi dari kernel Linux dan perangkat lunak sumber terbuka lainnya dan dirancang terutama untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Selain itu, Google telah mengembangkan TV Android untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan OS Wear untuk jam tangan, masing-masing dengan antarmuka pengguna khusus. Varian Android juga digunakan pada konsol game, kamera digital, PC, dan perangkat elektronik lainnya. 

Awalnya dikembangkan oleh Android Inc., yang dibeli Google pada tahun 2005, Android diluncurkan pada tahun 2007, dengan perangkat Android komersial pertama diluncurkan pada September 2008. Sistem operasi telah melewati beberapa rilis besar, dengan versi saat ini menjadi 9.0 "Pie" , dirilis pada bulan Agustus 2018. Kode sumber Android inti dikenal sebagai Proyek Open Source Android (AOSP), dan terutama dilisensikan di bawah Lisensi Apache. 

Android juga dikaitkan dengan serangkaian perangkat lunak eksklusif yang dikembangkan oleh Google, termasuk aplikasi inti untuk layanan seperti Gmail dan Google Penelusuran, serta toko aplikasi dan platform distribusi digital Google Play, dan platform pengembangan terkait. Aplikasi ini dilisensikan oleh produsen perangkat Android yang disertifikasi berdasarkan standar yang diberlakukan oleh Google, tetapi AOSP telah digunakan sebagai dasar ekosistem Android yang bersaing, seperti Amazon.com's Fire OS, yang menggunakan padanannya sendiri ke Layanan Google Seluler. 

Android telah menjadi OS terlaris di seluruh dunia pada ponsel cerdas sejak 2011 dan pada tablet sejak 2013. Sejak Mei 2017, Android memiliki lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan, basis terinstal terbesar dari sistem operasi apa pun, dan pada Juni 2018, Google Mainkan fitur toko lebih dari 3,3 juta aplikasi. 

2. Sejarah Android

Android Inc. didirikan di Palo Alto, California, pada Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Rubin menggambarkan proyek Android sebagai "potensi luar biasa dalam mengembangkan perangkat seluler cerdas yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi pemiliknya". 

Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android Inc. kurang lebih sekitar $50 juta. Karyawannya termasuk Rubin, Miner and White, bergabung dengan Google sebagai bagian dari akuisisi. Tidak banyak yang diketahui tentang Android rahasia pada saat itu, dengan perusahaan telah memberikan beberapa rincian selain itu membuat perangkat lunak untuk ponsel. Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. 

Prototipe awal memiliki kemiripan dengan ponsel BlackBerry, tanpa layar sentuh dan keyboard QWERTY fisik. Tetapi kedatangan Apple iPhone tahun 2007 memaksa Android harus kembali ke layar sentuh. Google kemudian mengubah dokumen spesifikasi Android-nya untuk menyatakan bahwa akan terus merancang layar sentuh, meskipun Produk ini dirancang tetap dengan kehadiran tombol fisik karena mereka berasumsi bahwa layar sentuh tidak dapat sepenuhnya mengganti tombol fisik. 

Pada tahun 2008, Nokia dan BlackBerry mengumumkan smartphone berbasis sentuhan untuk menyaingi iPhone 3G, dan mau tidak mau Android akhirnya harus beralih ke layar sentuh juga. Smartphone pertama yang tersedia secara komersial yang menjalankan Android adalah HTC Dream, juga dikenal sebagai T-Mobile G1, diumumkan pada 23 September 2008. 

Sejak 2008, Android telah melakukan banyak pembaruan untuk meningkatkan sistem operasi, menambahkan fitur baru dan memperbaiki bug di rilis sebelumnya. Setiap rilis besar diberi nama dalam urutan abjad makanan dengan beberapa versi Android pertama yang disebut "Cupcake", "Donut", "Eclair", dan "Froyo". Ketika pengumuman rilis Android KitKat pada tahun 2013, Google mengatakan bahwa "Karena perangkat ini membuat hidup kita begitu manis, setiap versi Android diberi nama makanan pencuci mulut".

Pada tahun 2010 Google meluncurkan seri perangkat Nexus-nya bekerjasama dengan berbagai pabrikan perangkat untuk memproduksi perangkat baru dan memperkenalkan versi Android baru. Serial ini memiliki peran penting dalam sejarah Android dengan memperkenalkan iterasi perangkat lunak baru dan standar perangkat keras. 

Pada konferensi pengembang pada Mei 2013, Google mengumumkan versi khusus dari Samsung Galaxy S4. Perangkat ini akan menjadi awal program edisi Google Play, dan diikuti oleh perangkat lain, termasuk edisi HTC One Google Play, dan Moto G Edisi Google Play. 

Pada bulan Juni 2014, Google mengumumkan Android One, satu set model referensi perangkat keras yang memungkinkan untuk membuat telepon berkualitas tinggi dengan biaya rendah, yang dirancang untuk konsumen di negara-negara berkembang. 

Google memperkenalkan ponsel Pixel dan Pixel XL pada Oktober 2016, dipasarkan sebagai ponsel pertama buatan Google dan secara eksklusif menampilkan fitur perangkat lunak tertentu, seperti Asisten Google, sebelum peluncuran yang lebih luas. Ponsel Pixel menggantikan seri Nexus, dengan generasi baru ponsel Pixel yang diluncurkan pada Oktober 2017.


Itulah sedikit gambaran dan penjelasan tentang Android. Jika ada koreksi atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar. 

Baca juga : 

Mengenal Nama dan Versi Android


Semoga bermanfaat...!!!

Baca juga
close
close