Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Uninstall Aplikasi di Komputer

Bagaimana cara uninstall atau melepas pemasangan aplikasi dari laptop atau komputer?. Aplikasi atau program adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. 

Keberadaan Aplikasi atau program ini sangat penting sekali kegunaanya, karena sangat membantu pengguna untuk melakukan kegiatan-kegiatannya. Contoh-contoh aplikasi yaitu: Antivirus, media player, game, browser dll. 

Tanpa adanya aplikasi-aplikasi ini tentu kita tidak bisa mendengarkan musik, memutar video, browsing dan lain sebagainya. Bahkan pengolah data seperti microsoft word dan excel pun disebut juga program atau aplikasi. Begitulah pentingnya aplikasi sehingga komputer tak akan berarti jika tak ada aplikasi.

Namun, disamping kegunaanya seperti yang kita ketahui diatas. Adakalanya aplikasi juga menjadi beban untuk komputer itu sendiri, misalnya : komputer menjadi terasa lambat/lemot, aplikasi yang dipasang  tidak berfungsi, terkadang juga sering error dan masalah-masalah lainnya. 

Hal itu biasanya dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang diinstal sehingga memori komputer menjadi penuh, bisa juga disebabkan oleh aplikasi yang diinstal terlalu berat dan tidak sesuai dengan spesifikasi komputer itu sendiri atau aplikasi yang diinstall tadi tidak pernah di update. Bahkan pada kondisi tertentu aplikasi juga bisa menyebabkan komputer menjadi bluescreen.


Baca Juga:


Lalu bagaimana caranya untuk mencopot pemasangan/uinstall aplikasi atau program di komputer yang keberadaanya bukan membantu tapi malah menjadi beban untuk komputer? Sebenarnya caranya sangat gampang, akan tetapi yang perlu diperhatikan sebelum melakukan uninstall atau mencopot pemasangan aplikasi adalah:

  1. Pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak berguna atau jarang digunakan
  2. Pastikan juga bahwa aplikasi tersebut bukanlah program yang digunakan untuk pengoperasian hardware komputer atau program bawaan hardware. Misal : Grapich driver, sound, dll.
  3. Pahami juga fungsi dan kegunaan dari aplikasi tersebut
  4. Uninstall program ini bisa juga dilakukan jika program tersebut akan digantikan dengan program terbaru atau program terupdate.

Setelah memahami hal-hal diatas, barulah kita menuju ke cara uninstal aplikasi dari komputer. Berikut langkah-langkahnya:

CARA MENCOPOT PROGRAM DARI KOMPUTER

  • Klik Start Menu
  • Pilih dan klik Control Panel, atau bisa juga melalui menu search, ketikkan Control Panel
  • Kemudian akan muncul menu Control Panel, pilih dan klik Uninstall a Program, seperti di gambar yang dilingkari dibawah:

Cara mencopot pemasangan/uninstall program di komputer
Pilih Uninstall a program
  • Setelah diklik akan muncul aplikasi atau program-program yang diinstall di komputer tersebut. Silahkan pilih dan klik aplikasi mana yang akan di Uninstall. Kemudian klik uninstall

Cara uninstall aplikasi di komputer/laptop
Pilih program yang akan di uninstal kemudian klik Uninstall

  •  Setelah kita klik uninstal biasanya akan muncul notifikasi bahwa kita akan benar-benar me-uninstall aplikasi tersebut atau tidak. Silahkan pilih yes atau uninstall jika kita ingin mencopot pemasangan aplikasi tersebut. Dan pilih no atau quit jika ingin membatalkan proses uinstall.

  • Selanjutnya jika pilih uninstal maka ada proses-proses selanjutnya yang berjalan. Tunggu beberapa saat hingga proses pencopotan aplikasi selesai dilakukan.

Note: Ada aplikasi yang membutuhkan Restart atau mulai ulang untuk menyelesaikan proses Uinstall dan ada juga yang tidak. Tergantung dari aplikasi itu sendiri.




Sampai disini  saya rasa sudah paham Bagaimana Cara Uninstall atau melepas pemasangan aplikasi dari komputer. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close