Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Masuk ke Safe Mode di Windows 10

Mode aman atau kita biasa mengenalnya dengan istilah Safe Mode adalah mode diagnostik / troubleshooting dari sebuah sistem operasi komputer. Safe Mode juga dapat menuju pada mode operasi oleh perangkat lunak. Safe mode ini merupakan salah satu fitur yang tersedia pada sistem operasi Microsoft Windows. Safe mode memiliki berbagai fungsi, yaitu  antara lain:

  1. Memperbaiki masalah dalam sebuah sistem operasi yang tidak bisa diatasi ketika sistem melakukan booting secara normal. 
  2. Memperbaiki program yang tidak berjalan secara normal 
  3. Membersihkan komputer yang terinfeksi virus.

Ketika menjalankan sistem safe mode, windows hanya akan memuat berbagai driver serta program yang penting saja selama proses startup. Dengan begitu, berbagai pengaturan serta aplikasi yang bermasalah tidak akan berjalan dan kita bisa memperbaikinya tanpa ada gangguan.


Cara Safe Mode di Windows 10
Menu F8

Tapi fungsi safe mode di windows 10 dengan menekan tombol F8 ketika akan melakukan booting, secara default sudah di disabled atau dinonaktifkan oleh windows. Tujuan windows melakukan disabled F8 ini agar proses booting di windows 10 menjadi lebih cepat.

Tentu saja hal ini membuat user yang ingin memasuki safe mode dengan tombol F8 di awal booting menjadi kesulitan. Walaupun sudah berkali-kali menekan tombol F8 tapi tetap saja windows melakukan proses booting dan startup.

Namun sahabat-sahabat jangan risau dulu, karena pada artikel kali ini kita akan membahas cara masuk Safe mode dengan tombol F8. Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  • Nyalakan Komputer
  • Ketika sudah menyala, Klik Start - pilih dan klik kanan pada Command prompt-pilih more - dan pilih Run as Adminstrator. Lihat gambar:


Cara masuk ke safe mode di windows 10
Pilih Run as Administrator
  • Klik Yes jika muncul peringatan dari User Account Control.
  • Setelah muncul tampilan Command Prompt, ketikkan atau copy paste kode berikut :

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

  • Tekan enter dan;
  • Restart komputer.
  • Saat komputer akan melakukan proses booting, silahkan tekan tombol F8 berulang-ulang sampai komputer melakukan booting dan masuk ke safe mode. 

Jika langkah di atas dilakukan dengan benar, maka komputer akan masuk ke safe mode. Sekarang setiap kali melakukan booting anda dapat menekan tombol F8 untuk masuk ke safe mode. 

Jika ingin menonaktifkan kembali tombol F8 tersebut, silahkan ulangi langkah di atas lalu ketik atau copy paste kode berikut:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Selanjutnya tekan enter dan tutup Command Prompt. Lalu restart komputer, sekarang komputer akan kembali ke mode awal dan F8 sudah di disabled.

Baca juga: 


Itulah salah satu cara untuk Mengatur agar Windows 10 bisa masuk ke safe mode dengan tombol F8. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close