Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Membuat Partisi Baru Hardisk di Windows

Partisi adalah bagian dari perangkat penyimpanan seperti hard drive atau solid state drive. Ibarat sebuah rumah, Laptop adalah rumahnya sedangkan Partisi adalah kamarnya, Kebanyakan dari kita mengenal partisi ini dengan nama Local Disk C, Local Disk D dll, atau New Volume D, New volume E dll.

Saat kita membeli laptop baru, biasanya di laptop tersebut hanya ada 2 partisi yang tersedia. Yaitu Local Disk C atau tempat untuk menginstal Sistem operasi dan Local Disk D tempat untuk menyimpan file. Tentu saja hal ini membuat kita tidak cukup puas dikarenakan agak sedikit susah untuk mengatur dan menyimpan file-file agar tidak terlihat berantakan. 

Apalagi jika anda adalah orang yang setiap hari bekerja dengan menggunakan laptop, perlu partisi atau "kamar' yang lebih banyak untuk menyimpan file agar tidak susah untuk menyimpan dan membukanya kembali. Sebut saja tempat untuk memisahkan file hasil kerja dan file-file untuk hiburan seperti lagu, video, gambar atau file untuk master aplikasi.   

Tapi, sahabat-sahabat tak perlu risau. Karena pada artikel kali ini saya akan mencoba membagikan cara membuat/menambah New Volume, local disk baru atau partisi baru di Komputer yang menggunakan sistem Operasi Windows. Cara ini dijamin ampuh dan hampir bisa dipastikan akan berhasil.

Baca Juga:

Langkah-Langkah Menambah Partisi Barudi Hard drive/Hardisk

1. Klik Kanan pada "My Computer", atau Klik kanan pada "This PC".  Seperti gambar dibawah ini:

Cara membuat partisi baru hardisk/hard drive
Menu My Computer

2. Klik "Manage", maka akan muncul tampilan Computer Management berikut ini:

Membuat Partisi Baru di laptop
Disk Management

3. Setelah Muncul tampilan Computer Management, Pilih dan Klik "Disk Management", disana akan terlihat partisi atau local disk yang ada di komputer. 
4. Silahkan pilih partisi yang akan kita bagi, contoh kita akan menambahkan partisi baru dengan membagi partisi di Local disk E. (Lihat gambar yang ada kotak hijau) 

"Sangat disarankan untuk memilih local disk atau partisi yang masih kosong atau belum terisi separuh dari jumlah total isi hardisk."


Membuat Partisi Baru di windows 10
Shrink Volume

5. Klik kanan pada local disk E tadi kemudian pilih dan klik "Shrink Volume", seperti gambar diatas. Dan akan muncul tampilan seperti ini:

Cara membagi partisi hardisk laptop di windows 10
Input Ukuran Partisi dalam ukuran Mb

6. Perhatikan gambar yang diberi nomor. Keterangan Nomor:

Nomor 1 : Jumlah Total ukuran Partisi Local disk E. 
Nomor 2 : Jumlah Total ukuran yang masih kosong atau masih tersedia, 
Nomor 3: Jumlah ukuran yang akan dibuat (direkomendasikan dibagi 2  dengan ukuran total). 
Nomor 4: Jumlah total Sisa dari Local disk E setelah dibagi.

7. Contoh pembagian : Misal Ukuran total partisi E adalah 100000 Mb atau 100 Gb. Kemudian jumlah yang terpakai adalah 20000 Mb atau 20Gb. Jika ingin dibagi 2, masukkan 50000 pada ukuran yang akan dibuat. Maka total ukuran partisi E adalah 50000 Mb, dan partisi baru 50000 Mb. Tergantung sesuai keinginan masing-masing. 

8. Jika sudah memahami keterangan-keterangan diatas, pilih dan klik "Shrink". 

9. Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa kita sudah berhasil membuat partisi baru atau new volume. 

10. Biasanya akan ada permintaan format pada new volume atau partisi yang baru kita buat tadi dan silahkan klik "format", tunggu hingga proses format selesai. Dan selamat anda sudah berhasil membuat Partisi baru, local disk baru, new volume atau "kamar baru" dan siap untuk digunakan.  

Nah, demikian artikel singkat tentang Cara membuat partisi baru, local disk baru atau new volume. Mudah-mudahan bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

 Semoga Bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close