Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Tutorial Membuat Blog Bagi Pemula di Blogger Terbaru

Blogger adalah layanan penerbitan blog yang dimiliki oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain blogspot.com. Tetapi blog juga dapat ditampilkan dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.blogger.com) 

Berikut ini beberapa alasan mengapa kita harus memilih blogger sebagai layanan penerbitan untuk blog:  

1. Template atau Tema yang menarik. 

Blogger menyediakan banyak sekali pilihan-pilihan template yang menarik, sehingga pengguna tidak harus membuat template lagi . Pengguna blogger tinggal memilih template mana yang akan dipakai sesuai dengan selera masing-masing. Template-template tersebut sangat mudah digunakan, dengan tata letak fleksibel dan ratusan gambar latar, pengguna juga bisa mengedit template yang sudah tersedia atau bisa juga mendesain sendiri template nya. 

2. Subdomain gratis. 

Pengguna blogger tidak harus membayar jika ingin menggunakan blogger, karena google melalui blogger sudah menyediakan subdomain gratis bagi para penggunanya. Subdomain tersebut yaitu blogspot.com, tapi pengguna juga bisa menggunakan domain khusus dengan memakai domain berbayar dan cukup dengan beberapa kali klik domain khusus tersebut akan tersedia. 

3. Dapatkan Penghasilan dari Blogger. 

Dengan menggunakan blogger, kita tidak hanya bisa menyalurkan hobi menulis kita secara gratis. Tapi juga bisa mendapatkan penghasilan atau uang dari Blogger. Caranya yaitu dengan menggunakan Google AdSense yang menampilkan iklan otomatis yang relevan di blog. 

4. Tempat menyimpan Kenangan atau Memori. 

Jika kita kesulitan untuk menyimpan kenangan-kenangan selama perjalan hidup, kita bisa menyimpannya di blogeer. Karena blogger memungkinkan pengguna untuk menyimpan ribuan pos, foto, dan kenangan lainnya. Kesemuanya itu gratis tanpa membayar. 

5. Jutaan orang telah bergabung dengan blogger 

Blogger adalah tempat untuk mempresentasikan tentang sesuatu, entah itu menulis, berbagi cerita, berbagi keahlian, berita terkini, atau apa pun pendapat pendapat atau opini. Itulah sebabnya mengapa jutaan orang telah bergabung. Ada banyak orang yang melakukan hal yang sama di Blogger. Lalu kapan giliran anda untuk bergabung dengan blogger? 

Jika anda tertarik untuk bergabung, berikut ini akan kita bahas cara lengkap membuat blog di blogger:  

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BLOG DI BLOGGER BAGI PEMULA 


1. Untuk bisa menggunakan blogger, terlebih dahulu harus mempunyai akun google. 
2. Kunjungi laman blogger.com 
3. Login dengan menggunakan Akun Google.


Cara Membuat blog di blogger
Buat Blog

4. Pilih "Buat Blog"
5. Masukkan "judul blog" yang digunakan untuk blog, misal : Belajar Blog
6. Masukkan "Alamat blog", misal : cara-ngeblog-yuk.blogspot.com   
7. Klik berikutnya kemudian isikan Nama pemilik blog atau admin blog yang akan ditampilkan di blog  Misal : Belajar Ngeblog atau isikan nama anda sendiri.
8. Sampai disini cara membuat blog sudah selesai.  

Anda sudah mempunyai blog dengan judul Belajar Blog, alamat blognya yaitu : cara-ngeblog-yuk.blogspot.com dan nama pemilik atau admin blognya Belajar Ngeblog.

Selanjutnya kita akan membahas pengaturan awal yang harus diketahui atau dipahami oleh Blogger Pemula.

TUTORIAL SETTING AWAL BLOG BAGI PEMULA

Setelah selesai membuat blog, pengguna akan dibawa ke tampilan awal blogger yaitu seperti pada gambar di bawah ini : Perhatikan kotak dalam gambar yang diberi penomoran.

Tutorial membuat blog
Tampilan blogger
1. Postingan Baru

Pada awal membuat blog yang pertama kali yang harus dilakukan blogger pemula adalah usahkan untuk membuat sebuah postingan terlebih dahulu. Postingan bebas, bisa juga buat post asal-asalan dahulu. Gunanya yaitu agar nanti saat mengatur template, tata letak dll, bentuk tampilan blog akan segera terlihat dan  mempermudah untuk mendesain blog tersebut. Berikut contoh membuat Postingan blog : 

Cara mudah membuat blog
Membuat artikel postingan blog
  • Isikan judul postingan, bebas. Bisa juga seperti contoh diatas, untuk isi blognya bisa menggunakan isi asal-asalan dulu. Kemudian setelah selesai, pengguna bisa mengatur tentang postingan tersebut entah itu label Permalink, lokasi dll. Atau bisa langsung mengklik perbarui untuk mempublikasikan blog.
  • Blog yang sudah kita publikasikan sudah bisa dilihat, caranya dengan mengklik Lihat Blog. Tampilannya akan terlihat seperti ini : 


langkah-langkah membuat blog di blogger
Artikel yang sudah berhasil dibuat


  • Disana akan terlihat  link atau alamat blognya, judul blog, judul positngan, isi postingan dll. Karena sudah dipublikasikan maka semua orang sekarang sudah bisa melihat blog kita dengan mengisikan link atau alamat seperti contoh gambar diatas.

2. Postingan

Postingan ini gunanya untuk melihat, mengedit atau menghapus postingan yang sudah kita buat. Di postingan ini juga kita bisa melihat berapa view dan komentar dari masing-masing postingan yang sudah diberikan oleh pengunjung.


3. Tata Letak

Tata letak yaitu penempatan posisi dari komponen blog itu sendiri agar terlihat lebih indah atau agar menu-menu nya bisa diakses dengan mudah oleh penggunjung. Kita bisa menambah dan menempatkan posisi gadget, misal gadget Populer Post, recent post, tentang pengguna blog dll. Atur tata letak blog sesuai dengan kenginan masing-masing. 

Berikut contoh tata letak blog : 


Langkah mudah membuat blog menggunakan blogger
Tata Letak di blogger

4. Tema

Tema ini atau disebut juga template atau juga Themes adalah Desain blog yang mencakup background blog, bentuk panjang dan lebar blog, jenis huruf blog, warna dll. Blogger menyediakan pilihan tema secara gratis untuk penggunanya. Banyak pilihan tema yang bisa kita gunakan, silahkan pilih salah satu tema sesuai selera masing-masing.


Pilihan Themes/template di blogger
   
  • Pilih salah satu tema yang akan digunakan
  • Klik pratinjau jika ingin melihat bentuk tema tersebut diblog sebelum diterapkan
  • Sesuaikan bentuk tema blog dengan keinginan masing-masing yaitu dengan mengklik Sesuaikan.
  • Jika sudah dipilih dan disesuaikan, silahkan klik terapkan untuk menggunakan tema tersebut di blog.

5. Setelan atau Pengaturan Blog

Setelan ini hampir sama dengan pengaturan-pengaturan yang biasa kita temui. Isinya yaitu :
  • Setelan Dasar
  • Setelan Privasi
  • Setelan Publikasi
  • Setelan Zona Waktu
  • Format penanggalan dan setelan lainnya.

Di setelan ini kita bisa melakukan pengaturan pada blogger sesuai dengan yang kita inginkan. 

Cara membuat blog dengan menggunakan blogger sebenarnya cukup gampang, yang paling susah untuk menjadi seorang blogger itu adalah isi konten atau postingan apa yang akan dibuat di blog. Perlu pengetahuan dan kreatifitas yang cukup bagus agar bisa bisa menjadi seorang blogeer yang expert. Tapi semuanya tergantung kepada kemauan dan usaha masing-masing. 

Akhir kata, selamat ngeblog sahabat-sahabat blogger semua. Mudah-mudahan sedikit tutorial cara membuat blog di blog ini bisa membantu para blogger pemula. 

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close