Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Memperbaiki Info GTK Invalid

Bagaimana Cara Memperbaiki Info GTK yang belum valid 2020?

Info GTK umumnya digunakan untuk melakukan cek data kelengkapan Guru yang statusnya sudah Sertifikasi atau untuk Verifikasi data Guru yang mendapatkan Tunjangan Profesi. 

Data yang berkaitan dengan Tunjangan Profesi/sertifikasi Guru meliputi:

  1. NUPTK
  2. Usia Pensiun
  3. Kelulusan Sertifikasi
  4. Kepegawaian
  5. Keaktifan
  6. Beban Mengajar
  7. Kelengkapan Data

Data Guru yang sudah valid di Info GTK ini selanjutnya bisa dicetak sebagai bukti untuk mendapatkan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP). Berikut contoh data Info GTK yang sudah valid:

Cara Cek Info GTK terbaru
Data Sertifikasi Info GTK sudah Valid

Sedangkan Data Guru yang belum valid atau invalid, maka datanya belum bisa dicetak dan pencairan tunjangan profesinya menjadi tertunda. Contoh Info GTK yang belum Valid:

Cara memperbaiki Data Info GTK belum Valid
Data Sertifikasi GTK belum Valid

Bagaimana Cara Melihat dan Mengecek Info GTK?

Cara untuk mengakses info gtk mulai periode Juli-Desember 2020 berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Berikut ini kita akan bahas bersama-sama cara melihat info GTK, Memperbaiki Info GTK yang belum valid dan Cara Mencetak/Printout Info Gtk yang sudah valid.

Cara cek dan memperbaiki Info GTK yang belum Valid
Login Info GTK

  1. Kunjungi laman: https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Kemudian Login Menggunakan Akun GTK yang bersangkutan (Akun GTK yang sudah di Verifikasi) 
  3. Jika berhasil Login maka akan muncul halaman Info GTK
  4. Jika Info Gtk sudah valid, maka akan ada keterangan VALID di bagian atas halaman
  5. Dan sebaliknya jika data Info GTK invalid maka ada keterangan BELUM VALID di bagian atas halaman
  6. Untuk Cek info GTK yang valid dan belum valid, lihat dibagian bawah halaman dan akan ditemukan data Info GTK valid dan Belum Valid seperti gambar diatas.

Jika ada kesalahan atau ada data yang belum valid di Info GTK, maka proses perbaikannya bisa dilakukan melalui Aplikasi Dapodik, Verval PTk, dll Tapi tergantung juga dari jenis kesalahan data GTK tersebut.

Berikut Cara Memperbaiki Info GTK yang belum valid

1. NUPTK di Info GTK belum valid

Cek terlebih dahulu data NUPTK tersebut di VervalPTK, pastikan NUPTK sudah sesuai dengan yang ada di vervalptk. Jika tidak sesuai, maka perbaiki datanya, jika NUPTK kosong di Vervalptk perbaikannya bisa dilakukan dengan Claim NUPTK

2.  Usia Tidak Valid di Info GTK

Usia ini adalah batas pensiun dari Guru yang bersangkutan, jika guru tersebut belum pensiun tapi di data Info GTK nya sudah memasuki masa pensiun atau tidak valid, maka cek terlebih dahulu tanggal dan tahun lahir dari GTK tersebut di Dapodik. Jika ada kesalahan maka perbaikan bisa dilakukan di verval PTK. 

3. Kelulusan Sertifikasi Info GTK belum Valid

Perbaikan data sertifikasi ini bisa dilakukan di Aplikasi Dapodik di menu GTK-Pilih Gtk-Ubah-kemudian Isikan atau edit Riwayat Sertifikasi GTK tersebut

4. Kepegawaian di Info GTK belum Valid

Untuk memperbaiki data kepegawaian yang invalid atau silang merah bisa melakukan klik "Update Data BKN" di sisi sebelah kanan laman: 

Info GTK belum valid
Update Data BKN

Update data dari BKN ini setidaknya membutuhkan waktu satu minggu. Jika belum ada perubahan, maka Perbaikan data Kepegawaian di Info PTK ini bisa dilakukan oleh operator sekolah melalui Operator Dinas wilayah setempat dan jika datanya tidak sesuai dengan data di BKN (Badan Kepegawaian Nasional) maka GTK harus melakukan perbaikan data di BKN melalui BKD (Badan Kepegawaian Daerah) wilayah setempat

5. Keaktifan GTK belum valid

Sama dengan data Kepegawaian diatas, jika data keaktifan GTK juga invalid maka harus melakukan verifikasi ke Operator dinas dan BKD setempat.

6. Beban Mengajar Info GTK tidak valid

Belum validnya Beban Mengajar di Info GTK ini disebabkan oleh data Jadwal Pembelajaran di Aplikasi Dapodik tidak sesuai. Cara memperbaiki Beban Ajar yang belum valid di Info GTK yaitu dengan melakukan cek atau perbaikan Jadwal Pembelajaran di Aplikasi Dapodik. 

Inputkan Jadwal mengajar GTK yang bersangkutan tersebut sesuai dengan SK yang ada, Total jam mengajar GTK tidak boleh kurang dari 24 Jam. Jika jam sudah sesuai, tapi di Info GTK Beban mengajar belum valid kemungkinan nomor SK pada tugas tambahan belum di Update. Lakukan Update Nomor SK dengan SK tahun ajaran terbaru. Baca: Syarat dan Ketentuan Tugas Tambahan GTK di Dapodik 

7. Kelengkapan Data info GTK belum Valid

Kelengkapan Data Info GTK yang invalid atau tanda silang biasanya ditandai dengan keterangan "Verifikasi Manual Pangkat dan Golongan" atau dengan keterangan-keterangan lainnya. 

Cara memperbaikinya yaitu dengan melakukan cek data-data kelengkapan dari GTK tersebut, Meliputi : Pangkat dan Golongan, Kelengkapan data Ijazah terakhir, Tugas Tambahan, Nomor SK Tugas Tambahan, dan kelengkapan data lainnya. Baca: Cara Menambah dan Memperbaiki Riwayat kepangkatan dan gaji berkala PTK

Lakukan Update data GTK tersebut dengan Data terbaru. Jika masih juga mengalami kendala, berkonsultasilah dengan Operator Dinas.

Cara Cetak info GTK untuk Sertifikasi Tunjangan Profesi

Setelah memastikan Info GTK sudah valid dan tidak ada lagi data yang invalid, selanjutnya operator biasa diminta untuk mencetak atau printout Data Info GTk tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Di Laman Beranda Info GTK, disana akan terlihat menu cetak seperti gambar dibawah:

Cara cetak dan print Info GTK
Print/Cetak Info GTK

2. Selanjutnya silahkan klik cetak 

3. Tunggu beberapa saat hingga muncul menu cetak.

4. Silahkan pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak seperti gambar dibawah:

Cara print Info GTK terbaru 2021
Pilih Printer yang akan digunakan

5. Atau jika ingin menyimpan Info GTK dalam bentuk file, silahkan pilih "Save As Pdf" kemudian klik save.

6. Selesai

Demikian cara melakukan cek Info gtk terbaru dan cara memperbaiki info gtk yang masih belum valid atau tanda silang. Mudah-mudahan bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close