Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Mengatasi Akun Google Lupa Password atau Diretas

Bagaimana cara mengembalikan Akun Google yang lupa password atau Akun Google yang terkena Hack?

Solusi akun google di hack
Gambar Hacker: ilustrasi

Jika Anda lupa password akun Google atau akun Google Anda telah diretas, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengembalikan dan mengamankan kembali akun Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:
  1. Akses halaman pemulihan akun Google: Kunjungi halaman pemulihan akun Google di alamat https://accounts.google.com/signin/recovery. Jika Anda tidak dapat mengaksesnya, coba gunakan komputer atau perangkat yang pernah Anda gunakan untuk login ke akun Google terakhir kali.
  2. Verifikasi identitas Anda: Google akan meminta informasi untuk memverifikasi identitas Anda sebagai pemilik akun. Informasi ini dapat berupa pertanyaan keamanan, nomor ponsel yang terkait dengan akun, atau alamat email yang digunakan saat membuat akun.
  3. Menggunakan opsi pemulihan yang tersedia: Google akan menampilkan beberapa opsi pemulihan yang telah Anda atur sebelumnya. Opsi ini dapat berupa mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel atau alamat email cadangan yang terkait dengan akun Anda. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengakses kode verifikasi.
  4. Mengisi formulir pemulihan akun: Jika Anda tidak dapat mengakses opsi pemulihan yang tersedia atau informasi yang diminta tidak berhasil, Google juga menyediakan formulir pemulihan akun. Anda dapat mengisi formulir ini dengan sejelas dan seakurat mungkin, memberikan detail tentang akun yang diretas dan menjelaskan situasi secara rinci.
  5. Melakukan langkah-langkah pencegahan: Setelah Anda berhasil mengembalikan akses ke akun Anda, pastikan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan tambahan, seperti:
    • Mengubah kata sandi akun Google Anda dengan kata sandi yang kuat dan unik.
    • Mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan akun Anda.
    • Memeriksa pengaturan keamanan dan privasi akun Anda untuk memastikan tidak ada perubahan yang mencurigakan.
    • Meninjau aktivitas login terakhir pada akun Anda dan memeriksa apakah ada aktivitas yang tidak dikenal.
Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan benar dan memberikan informasi yang diperlukan kepada Google, Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan kembali kontrol atas akun Google yang diretas.
Jika Anda masih mengalami masalah, disarankan untuk menghubungi Tim Dukungan Google untuk bantuan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close