Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Pengertian Linux, Sejarah Kelebihan serta Kekurangannya

Linux - Setelah sebelumya kita sudah membahas tentang Sistem Operasi atau OS windows, kali ini kita akan mengupas tentang Pengertian, Sejarah, Kelebihan serta Kekurangan Sistem Operasi Linux yang notabene adalah pesaing dari windows.


Pengertian, sejarah Linux serta kelebihan dan kekurangan
Linux

Pengertian Linux 

Linux tak jauh berbeda dengan Windows yaitu sama-sama sistem operasi yang digunakan pada komputer agar komputer bisa dioperasikan. Dengan kata lain, Linux adalah sebuah perangkat lunak yang berupa sistem operasi pada open source yang disebarluaskan secara gratis di bawah naungan lisensi GNU (Gnu Not Unix). 

Linux sebenarnya sudah lama dikenal dan digunakan di server, didukung juga oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop dll.

Linux merupakan turunan dari Unix yang bekerja di berbagai jenis hardware komputer. Lisensi GNU memberikan program lengkap beserta sumber kodenya (source code).

Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

Selain itu, GNU memberikan hak mengkopi kode sumber sebanyak mungkin bahkan mengubahnya sekalipun. Semua yang dilakukan itu legal di bawah payung lisensi. Pihak yang berkeinginan menarik biaya dalam penggandaan atau pengiriman program juga diperbolehkan oleh lisensi GNU. 

Sejarah Linux

Nama Linux berasal dari nama pembuatnya yaitu Linus Torvald, seorang Mahasiswa di sebuah Universitas di Finlandia. Linux diperkenalkan pada tahun 1991. Software ini berawal dari proyek hobi yang terinspirasi dari Minix. Minix adalah sebuah sistem Unix yang kecil. Sistem Unix sendiri dipopulerkan oleh Andrew Tanenbaum. 

Linus Trovalds membangun linux berdasarkan kernel MINIX, selanjutnya ia menambahkan driver dan GUI, lalu dikembangkan menjadi OS yang bernama Linux dan mengubah tren teknologi komputer di seluruh dunia.

Linux dibangun bukan hanya menjadi sistem operasi yang open source, tetapi juga menjadi OS yang mudah digunakan, gratis, ringan, dan kompatibel dengan berbagai hardware. Awal kemunculannya Linux hanya diperuntukan untuk menjadi sistem operasi personal, namun seiring perkembangannya Linux tumbuh menjadi OS yang berkualitas sehingga mulai digunakan di kantor-kantor, server, dll.

Perkembagan Linux sangat cepat karena tidak hanya dikelola oleh Linus Torvalds tetapi juga oleh komunitas pengembang dari seluruh dunia yang mengajukan diri untuk terlibat dalam proyek open-source yang gratis. 

Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Operasi Linux 

  • Kelebihan Linux:
  1. Bersifat bebas dan terbuka, tanpa biaya untuk memperolehnya alias gratis. Berbeda dengan Sistem operasi Windows yang membutuhkan biaya yang lumayan.
  2. Virus relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan windows
  3. Bisa dioperasikan dengan mudah.
  4. Banyak aplikasi di sistem operasi windows yang bisa juga dijalankan di Linux.
  5. Tidak terlalu banyak memakan ram dan harddisk, sangat cocok bagi pengguna PC yang spesifikasinya minim.
  6. Lebih stabil sehingga dan jarang terjadi bug atau error.
  7. Bisa bekerja di dua mode.
  8. Karena sifatnya yang gratis dan open source, linux mempunyai komunitas di penjuru dunia yang bertujuan untuk memodifikasi linux agar lebih baik.
  • Kekurangan Kekurangan:
  1. Karena penggunanya tidak sebanyak windows, tentu saja banyak user yang belum terbiasa atau belum paham mengoperasikan sistem operasi linux.
  2. Hardware dari vendor tertentu kurang mendukung, kebanyakan vendor masih setia dengan OS windows.
  3. Instalasinya tidak segampang windows.
  4. Perlu kerja keras dalam mempelajarinya jika belum terbiasa.
  5. User yang biasa memakai windows akan kebingungan dalam hal hak akses dan struktur direktori.
Baca juga: 


Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian, sejarah, kelebihan dan kekurangan sistem operasi linux. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close