Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Lengkap Download dan Instal Eraport Tingkat SMP

E Raport atau Eraport adalah aplikasi berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik, kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan. 
Cara install eraport SMP
Menu login eraport

Langkah-langkah Download dan Installasi Eraport SMP

Sebelum memulai Installasi atau pemasangan Eraport SMP di Laptop, ada beberapa hal yang perlu sahabat operator pehatikan. Yaitu:

1. Installer Eraport untuk tingkat SMP hanya ada 2 yaitu Eraport Versi 1.0 dan Eraport Versi 2.0

2. Sedangkan versi lainnya adalah versi pembaharuan atau versi Updater, dimulai dari Updater Eraport versi 1.1 hingga Updater eraport versi 2.2 (Tahun ajaran 2020/2021 Ganjil)

3. Disini kita asumsikan bahwa sahabat operator belum pernah sama sekali melakukan installasi Eraport atau Eraportnya sudah dihapus dari Laptop.

4. Untuk Tahun ajaran 2020/2021 ini, sahabat tidak perlu melakukan Installasi Eraport versi 1.0, cukup melakukan Installasi Eraport versi 2.0

5. Selanjutnya Setelah selesai Installasi Eraport versi 2.0 lakukan installasi untuk versi Updaternya yaitu Updater Eraport SMP versi 2.1.1 dan Updater Eraport versi 2.2

6. Namun jika di Laptop sahabat Operator sudah terpasang Aplikasi eraport SMP versi 2.0, cukup melakukan download dan Install Updater Eraport versi 2.1.1 atau jika di Laptop sudah diinstall Updater Eraport versi 2.1.1 cukup melakukan Install updater Eraport Versi 2.2

Untuk Link downloadnya ada dibawah:

Link Installer Eraport SMP versi 2.0:

Link Updater Eraport SMP:
 
7. Setelah selesai melakukan Installasi Eraport SMP hingga versi Updater 2.2, kemudian buka Aplikasi Eraport dan lakukan Login

8Untuk Login admin, username standarnya adalah: 

Username: admin 
Password: admin123456

9. Pilih Kurikulum Sekolah: K13 Paket

10. Level/Pengguna: Admin

Pilihan Semester berjalan Eraport SMP tidak muncul
Pilih Semester Berjalan

11. Kemudian pilih Semester yang sedang berjalan

12. Catatan: Jika di Pilihan Semester Berjalan tidak ada pilihan Semester yang sedang berjalan saat ini, silahkan pilih semester berjalan sebelumnya. Misal: 2019/2020 Genap, seperti pada gambar diatas. Kemudian lakukan login/masuk.

13. Setelah login berhasil dan muncul menu Beranda, kemudan pilih menu Ambil data-data dari Dapodik dan klik Sinkron Semua data di pojok kanan atas. Tujuan sinkron ini adalah untuk mengambil semua data-data tentang peserta didik, Guru, Mapel, dll dari Aplikasi Dapodik.

Cara download dan install eraport smp terbaru 2021
Ambil data dari Dapodik

14. Tunggu beberapa saat hingga Sinkron semua Data selesai, setelah selesai kemudian lakukan Log out atau keluar dari Aplikasi Eraport terlebih dahulu.

15. Lakukan login kembali, mudah-mudahan di pilihan Semester Berjalan, sudah ada pilihan untuk Semester yang sedang berjalan saat ini, seperti pada gambar dibawah:

Cara supaya semester 2020/2021 ganjil eraport smp muncul
Semester 2020/2021 Ganjil sudah Muncul di Eraport SMP

16. Kemudian lakukan sinkron semua data kembali melalui menu Ambil Data-data dari Dapodik seperti langkah-langkah nomor 13 diatas.

17. Setelah selesai melakukan sinkronisasi data dapodik, sahabat operator sudah bisa memulai pengisian Eraport SD.

Untuk Lebih jelasnya cara pengisian dan tutorial Eraport, bisa dibaca disini: Tutorial Pengisian Aplikasi Eraport

Sekian dulu sedikit artikel tentang Update dan cara Instal Eraport Versi 2.1.1, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan. 

Semoga Bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close