Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Mengerjakan Eraport dengan Menggunakan Banyak Laptop

Bagaimana cara Mengerjakan E-rapor atau Cara Cepat Mengisi Eraport dengan menggunakan banyak Laptop? 

Tujuan pengisian eraport dengan banyak laptop ini adalah agar bisa mengisi eraport tidak hanya pada satu laptop saja, namun juga bisa dikerjakan dengan laptop lain yang tersedia.  Sehingga akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan guru-guru dalam melakukan pengisian nilai di E raport.  

Langkah-langkah mengisi E Rapor dengan Banyak Laptop

Disini saya asumsikan bahwa di sekolah Sahabat belum mempunyai Lab Komputer yang dilengkapi dengan LAN. Jika sudah punya Lab komputer dan dilengkapi LAN, maka sahabat-sahabat tidak perlu menyiapakan peralatan lain. Cukup mengkoneksikan komputer-komputer tersebut dengan laptop yang ada Aplikasi Eraportnya. Dan jika menggunakan LAN, caranya pun sama dengan langkah-langkah di bawah ini.

Untuk mengisi eraport dengan menggunakan laptop banyak, berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan:

1. (Satu) Buah hp Android sebagai tempat theatring/hotspot atau bagi sahabat yang punya wirelles bisa juga menggunakan wirelles. Gunanya untuk menghubungkan satu laptop ke laptop lainnya. Catatan: Paket data Internet di Hp android tidak perlu dihidupakn atau boleh dimatikan.

2. Laptop, maksimal 10 laptop ( biasanya untuk HP android ketika teatring dibatasi hanya 10 client yang bisa connect. Namun ada juga yang bisa lebih banyak)

3. Laptop yang sudah ada aplikasi Eraport nya

Sebelum memulai Mengkoneksikan laptop ke hotspot hp Android, terlebih dahulu sahabat harus mematikan atau menonaktifkan Windows Firewall di Laptop yang sudah diInstal aplikasi Eraport. Caranya ada disini: Cara Lengkap Mematikan atau Menonaktifkan Windows Firewall 

Kemudian setelah semua persiapan diatas sudah cukup, selanjutnya lakukan langkah-langkah seperti di bawah: 

1. Menyiapkan atau menghidupkan Hotspot/tethering di hp android. Baca: Cara membuat Hotspot di smartphone dan menghubungkan ke Laptop

2. Konesikan/hubungkan laptop yang sudah terinstall Aplikasi E raport ke hotspot Hp Android yang sudah dibuat.

3. Kemudian setelah terkoneksi, sahabat hanya perlu mengetahui IP addres yang otomatis dibuat oleh server di Laptop yang ada Aplikasi Eraportnya. Caranya yaitu:

4. Tekan Windows + R di Laptop, kemudian setelan muncul ketikan : cmd,  atau bisa juga melalui start-cari folder-Windows System-Command prompt 

Cara Mengisi Eraport dengan banyak Laptop
Tampilan Windows + R dan ketikkan cmd

5. Kemudian klik ok, maka akan muncul jendela tampilan Command Prompt 

6. Di Command prompt tersebut, ketikkan : ipconfig
Lihat gambar dibawah:


Cara cepat mengisi eraport
Tampilan Command Prompt, kemudian Ketikkan ipconfig

7. Tekan enter, maka akan tampil ip addres dari laptop tersebut.


Cara Input nilai eraport
IP Addres Laptop

8. Lihat gambar yang saya lingkari, disana tertulis IP Address dari Laptop tersebut adalah: 192.168.43.115
9. Setelah kita mengetahui IP Addres dari Laptop yang ada Aplikasi Eraportnya tersebut. Langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah membuka browser di Laptop yang lainnya, bisa  menggunakan browser Mozzila Firefox ataupun Google chrome. Tapi sebelumnya koneksikan dulu laptop tersebut ke hotspot hp android yang sudah kita buat tadi.

10. Kemudian setelah dikoneksikan, di addres bar browser atau kolom pencarian ketikan IP tersebut: 192.168.43.115, dibelakang nya ditambah :2679 atau jika gagal bisa menggunakan 3679 untuk Eraport SMP. Sedangkan untuk Eraport SD dibelakangnya ditambahkan : 2689 atau 3689

Jadi persisnya seperti ini : 192.168.43.115:2679 atau 192.168.43.115:2689. Lihat gambar:

Bagaimana mengisi eraport dengan banyak komputer
Isikan IP pada addres bar browser

11. Tekan enter, tunggu beberapa saat maka akan muncul halaman awal Eraport dan sekarang sahabat sudah bisa mengerjakan Eraport di Laptop client. 

12. Jika koneksi sudah berhasil tetapi erapornya tidak muncul di laptop client malah yang muncul adalah tampilan hitam saja di browser kemungkinan karena browser yang digunakan sudah usang, sebaiknya browsernya diupdate terlebih dahulu. 

Atau bisa juga karena browsernya sudah kebanyakan cache, history sehingga browser tidak bisa memuat aplikasi eraportnya. Untuk mengatasinya atau membersihkan cache, caranya ada disini: Cara membersihkan cache, cookies dan history browser

Demikian Cara Mengentry atau Menginput Nilai Eraport menggunakan banyak Laptop. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga Bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close