Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Penyebab dan Cara Memperbaiki Flashdisk Error

Flashdisk merupakan sebuah perangkat penyimpanan portabel yang biasa digunakan untuk menyimpan file dari laptop atau komputer. Berbagai jenis file bisa kita simpan di flashdisk, seperti: document, lagu, foto, video dll. Flashdisk juga bisa digunakan untuk menginstal system operasi seperti Linux dll. Bahkan flashdisk juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menginstal system operasi itu sendiri. Dengan kata lain flashdisk hampir sama dengan Hardisk versi mini.

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi
Flash disk

Tetapi kadang kala kita sering menemukan flashdisk yang error; flashdisk tidak terdeteksi, file didalamnya hidden/tersembunyi (biasanya disebabkan oleh virus), flashdisk corrupt,  dan permasalahan-permasalahan lainnya. 

Penyebab Flashdisk Error

Permasalahan-permasalahan tersebut terjadi kemungkinan karena flashdisk terkena virus dari Laptop atau komputer tempat kita mencolok/mengcopy file sebelumya, bisa juga karena flashdik yang sudah sering dipakai atau flashdisknya dibeli secara batangan: baca : Flashdisk KW

Namun Sahabat tak perlu risau, karena kali ini kita akan mencoba berbagi cara memperbaiki flashdisk yang error seperti permasalahan-permasalahan yang sudah kita bahas diatas. 

Baca juga: 


CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK ERROR TIDAK TERBACA


1. File dalam Flashdisk tersembunyi/hidden

Permasalahan ini sangat sering kita alami, hal ini terjadi biasanya setelah kita mecolok atau mengcopy file dari laptop yang ada virusnya. Untuk mengatasinya caranya cukup mudah, sahabat hanya perlu mendownload antivirus gratis buatan Anak Bangsa yaitu: Smadav
Kemudian setelah didownload, scan flashdisk yang filenya tersembunyi tersebut dan setelah di scan akan muncul file-file yang tersembunyi tersebut di Tab Hidden. Sahabat hanya perlu mencheklist file-file tersebut dan pilih Unhide All. Maka otomatis file yang tersembunyi/hidden akan nampak kembali seperti semula.

2. Flashdisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi

Kejadian ini juga sering kita alami, flashdik tidak terbaca atau tidak terdeteksi ketika di colokkan ke Laptop atau komputer. Kasus ini sedikit berat dibanding kasus yang pertama, untuk memperbaikinyaa ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan.

Cara Pertama: Instal ulang driver USB/flashdisk
  • Colokan Flashdisk ke Laptop/komputer
  • Buka Control Panel lalu masuk ke bagian Hardware & Sound.
  • Buka Device Manager dan pilih Universal Serial Buss Controller, klik menu dropdown dan cari perangkat USB Mass Storage Device, biasanya ditandai peringatan kuning.
  • Klik kanan pada tanda peringatan kuning tersebut lalu pilih Uninstall
  • Setelah selesai, cabut flashdisk dan colokkan kembali. Maka otomatis laptop atau komputer akan menginstal driver baru untuk flashdisk. Dan mudah-mudahan flashdisk akan kembali terdeteksi seperti semula.

Cara Kedua: Menggunakan Tools Computer Management

  • Colokkan Flashdisk Ke USB laptop/Komputer
  • Buka program Run, atau Windows + R setelah muncul ketikan compmgmt.msc
  • Disini akan muncul Computer Management,  
  • Klik Storage kemudian pilih Disk Management.
  • Di menu Disk Management ini kita bisa menemukan flashdisk yang error tadi.
  • Klik kanan pada flashdisk tersebut kemudian pilih create partition lalu klik Format.
  • Setelah proses Format selesai. Mudah-mudahan Flashdisk yang error tadi sudah bisa digunakan kembali.

Cara Ketiga: Menggunakan Aplikasi HDD Low Level Format Tool

Ini cara terakhir yang bisa kita lakukan, yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan: Aplikasi HDD Low Level Format Tool. Untuk menggunakan Aplikasi ini sahabat perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Banyak website yang menyediakan Aplikasi ini. 
Untuk cara download dan penggunannya, sahabat bisa browsing di situs resmi atau website lainnya.

Catatan: jika sahabat sudah melakukan cara-cara diatas tetapi flashdisk masih belum bisa diperbaiki maka kemungkinan besar flashdisk mengalami kerusakan di hardware. Dan sangat disarankan untuk membeli flashdisk yang baru.

Itulah sedikit cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi flashdisk yang rusak atau error. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga Bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close