Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Peserta Didik tidak masuk di Verval Ponsel

Mengapa jumlah Peserta didik di Verval pd tidak sesuai jumlahnya dengan peserta didik yang ada di dapodik? atau ada peserta didik yang datanya ada di vervalpd tapi tidak masuk di data verval ponsel

Jumlah peserta didik di verval pd berbeda dengan verval ponsel
Verval Ponsel

Masalah ini banyak terjadi dan dialami oleh sahabat-sahabat operator sekolah. Khususnya saat akan melakukan verifikasi dan validasi data nomor ponsel peserta didik (Vervalponsel). Tak terkecuali saya sendiri, peserta didik di verval pd tidak muncul di vervalponsel.

Awalnya saya sempat bingung, kenapa jumlah peserta didik ini bisa tidak sesuai? Padahal sudah berkali-kali dan sudah berhasil melakukan sinkronisasi dapodik. Tapi tetap saja datanya tidak berubah, katanya tunggu maksimal  sampai 3 hari data tersebut masuk ke vervalpd. Tapi nyatanya, lewat dari 3 hari data tersebut belum juga masuk.

Dan ada yang bilang, jangan-jangan kamu pakai aplikasi pihak ketiga? Yaitu aplikasi yang digunakan untuk melakukan entry data atau perubahan data selain dari aplikasi dapodik itu sendiri. Misal menggunakan aplikasi lain untuk mempercepat pengisian nomor handphone peserta didik atau menggunakan aplikasi lain untuk memindahkan kelas peserta didik yang rombelnya tidak sesuai.

Tapi saya tidak pernah menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut, input nomor hp peserta didik di dapodik saya lakukan manual. Jika ada peserta didik yang rombongan belajarnya tidak sesuai pun saya langsung lapor ke operator dinas untuk diperbaiki.

Jumlah peserta didik di vervalpd tidak sama dengan dapodik
Verval PD

Dan setelah saya perhatikan lebih lanjut, ternyata memang di verval pd ada beberapa peserta didik yang NIK (Nomor Induk Kependudukan) kosong atau tidak terisi. Saya pun segera memperbaiki data tersebut dan akhirnya sekarang data peserta didik yang tadinya tidak ada di vervalponsel kini sudah muncul dan jumlanya sesuai dengan yang ada di dapodik.

Nah, berdasarkan pengalaman yang saya alami dan berdasarkan beberapa pengalaman yang juga dialami oleh beberapa teman, penyebab tidak munculnya data peserta didik verval pd maupun di verval ponsel adalah karena ada data invalid atau data yang masuk residu di verval pd. Penyebab data invalid tersebut yaitu sebagai berikut:  

1. NISN Peserta Didik terdeteksi ganda dan NISN Kosong

Nomor Induk Sekolah Nasional adalah nomor induk yang wajib dimiliki oleh setiap siswa yang terdaftar di dapodik. Jika nomor induk terdeteksi ganda atau invalid, maka akan mempengaruhi jumlah peserta didik yang ada di verval pd. Segera lakukan perbaikan data NISN tersebut. Untuk cara perbaikan NISN bisa dibaca disini: Cara memperbaiki NISN NIK Peserta Didik yang Invalid

Jika NISN Peserta didik kosong, biarkan saja atau tunggu sampai 3 hari ke depan. Karena biasanya NISN akan terisi otomatis. Namun jika NISN belum juga terisi, maka hubungi operator Dinas.

2. NIK Peserta Didik Kosong

Nomor Induk Kependudukan adalah Nomor yang wajib dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia. Salah satu penyebab mengapa jumlah peserta didik di verval pd tidak sesuai adalah dikarenakan NIK peserta didik tersebut kosong.

3. NIK Peserta didik terdeteksi ganda

Di menu Residu Vervalpd akan terlihat data-data peserta didik yang invalid. Salah satunya yaitu NIK yang terdeteksi ganda atau NIK tersebut juga dipakai oleh orang lain. Jika NIK tersebut benar-benar milik peserta didik yang terdaftar di sekolah anda (dibuktikan dengan meliha Kartu Keluarga) maka tidak akan mempengaruhi jumlah peserta didik. Baca: Cara Validasi NIK Peserta Didik di Tab Qulity Control dengan Dukcapil

Namun jika NIK tersebut bukan milik peserta didik di sekolah anda, maka ada kemungkinan hal ini bisa mengakibatkan jumlah peserta didik tidak sesuai.  

4. Nama Ibu Kandung Peserta Didik tidak sesuai

Terkadang data ibu kandung peserta didik di input bukan data ibu kandung peserta didik yang sebnarnya, melainkan ibu asuh atau ibu tiri peserta didik tersebut. Dan ada pula operator yang salah memasukkan data Ibu, bukan nama ibu yang dimasukkan tapi nama Bapak.

Nama Ibu Kandung Tidak Sesuai ini bisa mempengaruhi jumlah peserta didik di verval pd dan menambah data yang invalid di residu vervalpd

Cara mengatasi masalah jumlah peserta didik di verval pd dan dapodik yang tidak sesuai atau tidak sama tersebut jika disebabkan oleh keempat alasan diatas, maka lakukan langkah-langkah perbaikan pada data peserta didik tersebut di vervalpd. Untuk cara memperbaikinya bisa dibaca disini : Cara memperbaiki kesalahan data peserta didik di Verval pd 

Ada masalah lain yang kemungkinan besar bisa mempengaruhi dan menyebabkan data peserta didik di dapodik dan di verval pd. Yaitu penggunaan aplikasi pihak ketiga (aplikasi tidak resmi dan bukan aplikasi yang dirilis oleh tim pengembang dapodik), aplikasi ini biasa digunakan oleh operator yang ingin mengerjakan atau memperbaiki data secara instan di Dapodik.

Sebenarnya tidak ada yang salah dalam penggunaan aplikasi pihak ketiga tersebut karena bisa membantu meringankan beban operator sekolah. Tapi di Aplikasi Dapodik sendiri sudah ada peringatan tentang dampak penggunaan Aplikasi pihak ketiga tersebut. 

Peringatan Penggunaan Aplikasi piha ketiga di dapodik
Peringatan Penggunan Aplikasi diluar Dapodik

"Perhatian! Pengisian data dapodik tanpa melalui aplikasi dapodik (menggunakan cara/alat bantu yang tidak standar) mengakibatkan database sekolah anda rusak"

Begitulah kira-kira bunyi peringatan jika menggunakan aplikasi pihak ketiga diluar dapodik. Ada baiknya sebelum sahabat operator melakukan entry data atau perbaikan data yang menggunakan alat bantu tambahan yang tidak biasa, pastikan terlebih dahulu bahwa alat tersebut benar-benar aman dan tidak merusak database dapodik.  

Baca juga: Cara Download SPTJM verval Ponsel

Nah itulah beberapa kemungkinan yang menyebabkan jumlah peserta didik tidak sama antara verval pd dan verval ponsel. Mungkin sedikit penjelasan diatas bisa membantu sahabat-sahabat operator yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!

Baca juga
close
close