Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Sinkronisasi Dapodik 2021 : Walupun Belum Valid Bisa Tarik Data

Ada perubahan yang cukup mendasar di Aplikasi Dapodik 2021, yaitu di Tab Sinkronisasi. Pada versi Dapodik sebelumnya jika operator akan melakukan sinkronisasi semua data di tab validasi harus valid terlebih dahulu, tapi pada Dapodik 2021 ini Operator bisa melakukan Tarik Data walaupun ada data yang belum valid atau invalid di tab validasi.

Apa perbedaan Sinkronisasi dan Tarik Data di Dapodik 2021? 

Sinkronisasi di Dapodik yaitu proses pengiriman yang berjalan dua arah, pengiriman data dari server lokal atau data yang sudah kita perbaiki di laptop dikirim ke server pusat dan data yang ada di server pusat disesuaikan dengan data dari server lokal yang kita kirim. Dan data yang belum ada di server lokal tapi ada di server pusat dimasukkan/dikirim  ke server lokal. Sinkronisasi ini hanya bisa dilakukan jika semua data di dapodik sudah valid.

Sedangkan Tarik Data di Dapodik yaitu proses yang berjalan satu arah, data yang ada atau sudah diperbaiki di server lokal/laptop tidak dikirim ke server pusat. Tapi data yang ada di server pusat bisa ditarik ke server lokal. Dan kebalikan dari sinkronisasi, tarik data hanya bisa dilakukan jika masih ada data yang invalid.

Contohnya untuk tarik siswa baru atau siswa pindahan dari sp.datadik.kemdikbud.go.id, jika data siswa sudah ditambah melalui laman tersebut, agar data siswa bisa masuk ke Aplikasi dapodik maka kita bisa melakukan Tarik data dari dapodik. Setelah tarik data selesai, maka otomatis data siswa tersebut akan masuk ke aplikasi dapodik di laptop.

Sinkronisasi hanya tersedia jika login menggunakan Akun Kepala Sekolah, lain halnya dengan Tarik Data. Tarik data selain tersedia di Akun Kepala Sekolah juga tersedia di Akun Operator sekolah Dapodik versi 2021.a

Nah setelah memahami sedikit penjelasan diatas, simak dengan seksama cara-cara sinkronisasi atau tarik data berikut ini :

Cara Sinkronisasi dan Tarik Data di Aplikasi Dapodik 2021 

1. Buka Aplikasi Dapodik di Laptop

2. Login menggunakan Akun Kepala Sekolah

3. Kemudian di Beranda pilih Tab Validasi terlebih dahulu, kemudian validasi seperti biasa:


Cara Sinkronisasi Dapodik 2021
Notifikasi validasi Dapodik

4. Validasi semua Tab seperti gambar diatas


Validasi selesai
Validasi Data Dapodik

5. Kemudian setelah validasi semua Tab, akan terlihat data yang belum valid atau invalid ditandai dengan warna merah

6. Selanjutnya menuju ke tab sinkronisasi


tarik data dan sinkronisasi dapodik
Perbedaan Sinkronisasi dan Tarik Data Dapodik

7. Di Sinkronisasi akan ada pemberitahuan atau penjelasan tentang Tarik Data dan Sinkronisasi, dan disana terlihat data yang Invalid

8. Pilih Yes, jika kita ingin melakukan proses tarik data

9. Tunggu beberapa saat Dapodik memeriksa status koneksi Internet hingga ada keterangan atau status Connected


status dapodik connected
Menu Tarik Data Dapodik

10. Setelah ada keterangan Connected atau terhubung kemudian pilih dan klik Tarik Data seperti gambar diatas

11. Tunggu beberapa saat, prosesnya hampir sama dengan proses sinkronisasi

sinkronisasi selesai
Tarik Data Dapodik Selesai

12. Jika proses Tarik Data berhasil, maka akan ada keterangan data-data apa saja yang masuk ke server lokal.

Baca juga:
Perlu diingat sekali lagi, tarik data ini berbeda dengan sinkronisasi. Data yang diperbaiki dan dientry di Dapodik tidak akan terkirim ke server pusat jika melakukan Tarik Data. Namun jika melakukan sinkronisasi, data yang sudah diinput dan diperbaiki di Dapodik akan terkirim ke server pusat.

Operator sekolah sangat terbantu sekali dengan adanya perubahan atau penambahan Menu Tarik Data di Dapodik 2021 ini. Apalagi yang berhubungan dengan tarik dan tambah peserta didik atau perubahan data lain di server pusat. Operator bisa bekerja lebih cepat, bisa secara langsung memperbaiki data sekaligus. Tidak perlu menunggu lama-lama untuk menyelesaikan atau menunggu data valid di server lokal seperti biasanya.   

Nah itulah sedikit penjelasan tentang pengertian sinkronisasi Dapodik dan Tarik Data di Dapodik dan juga cara kerjanya. Mudah-mudahan penjelasan singkat ini bisa membantu sahabat-sahabat Operator yang membutuhkan. 

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close