Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Langkah Langkah Verifikasi Akun Operator Sekolah

Bagaimana Cara Verifikasi Akun Operator Sekolah di Manajemen Dapodik 2021? Lalu Bagaimana Pula Caranya Jika Ingin Mengganti Email Akun Operator Sekolah.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul di benak sahabat-sahabat Operator sekolah yang baru saja melakukan Installasi Aplikasi Dapodik 2021. Yah, Aplikasi Dapodik 2021 ini berubahan cukup signifikan. Yang paling jelas adalah Adanya keharusan Verifikasi setiap akun yang ada di Aplikasi Dapodik. Baik itu Akun Operator sekolah, akun Kepala Sekolah dan juga Akun PTK.




Seperti yang sudah kita ketahui bersama, jika akun-akun tersebut tidak di verifikasi sampai batas waktu yang telah ditentukan maka secara otomatis akun-akun tersebut akan dihapus dari Database Dapodik. 

Lalu bagaimana caranya memverifikasi Akun Operator Sekolah tersebut? Caranya cukup mudah, tapi sebelumnya jika ingin memverifikasi atau mengganti akun operator sekolah terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan Operator Dinas Pendidikan setempat. Tujuannya adalah agar nanti saat verifikasi akun, verifikasi akan diapprove atau difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Setempat. Berbeda dengan Verifikasi Akun PTK dan Kepalas Sekolah yang verifikasinya bisa dilakukan sendiri oleh Operator Sekolah.

Berikut langkah-langkah Verifikasi dan Mengganti Akun Operator Sekolah.


1. Buka Laman sp.datadik.kemdikbud.go.id
2. Login dengan menggunakan Akun dan Password Operator sekolah




3. Tunggu beberapa saat atau klik tombol Home atau Beranda hingga akan ada pemberitahuan untuk memverifikasi akun
4. Masukaan Email yang akan digunakan untuk Akun Operator Sekolah dan Email tersebut haruslah email yang aktif. Baca: Cara Cepat Membuat Email




5. Jika ingin mengganti email operator yang sudah ada dengan email yang baru, silahkan masukkan alamat email yang baru tersebut.
6. Kemudian Klik Verifikasi,
7. Setelah klik verifikasi, maka sistem akan mengirimkan Kode untuk verifikasi
8. Buka Email yang sudah diinputkan tadi, lihat di kotak masuk akan ada kode verifikasi untuk Akun Operator Sekolah.
9. Salin kode verifikasi dari email kemudian inputkan kode verifikasi.




10. Jika kode verifikasi yang dimasukkan valid, maka proses verifikasi akun berhasil.
11. Kode verifikasi berlaku sampai 30 menit setelah dikirim ke email, jika kode tersebut tidak segera diinputkan di kolom verifikasi maka kode tersebut tidak akan berlaku lagi dan harus mengulang langkah-langkah verifikasinya dari awal.




12. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya proses verifikasi, di menu Akun Pilih Daftar Akun, kemudian Jenis Akun pilih : Admin kemudian klik tampilkan
Jika berhasil maka akan ada keterangan "Sudah":


13.Lakukan Sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik untuk memperbaharui status Akun Operator sekolah.
14. Setelah sinkronisasi selesai, maka akan akan ada keterangan bahwa akun Terverifikasi.




Baca Juga : 


Itulah langkah-langkah untuk memverifikasi Akun Operator Sekolah atau Petugas Pendataan Dapodik. Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu sahabat-sahabat operator sekolah. Jika ada kendala atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close