Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Membuat Hotspot di HP dan Mengkoneksikan ke Laptop

Bagaimana cara membuat Hotspot di Hp Android/Smartphone dan cara menghubungkannya/tethering ke Laptop?

Tentu kita yang hidup di jaman modern ini sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Hotspot dan tethering. Hotspot jika diartikan secara langsung atau merujuk pada kejadian umum bisa diartikan sebagai titik panas. Tapi jika berkaitan dengan teknologi, hotspot adalah lokasi bersinyal atau lokasi yang memiliki sinyal dan biasanya memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi LAN, nirkabel/wifi/wirelles. 

Sedangkan tethering atau penambatan adalah penggunaan perangkat telepon seluler atau smartphone dengan akses Internet  untuk bertindak sebagai gerbang Internet atau titik akses untuk perangkat lainnya. Perangkat lain dapat tersambung ke gerbang melalui Bluetooth, Wi-Fi atau melalui Universal Serial Bus (USB).

Setelah memahami sedikit penjelasan diatas, selanjutnya kita akan membahas Cara membuat hotspot dengan menggunakan wifi di smartphone dan mengkoneksikannya ke Laptop. Saat kita menonton video online, browsing, ataupun download, biasanya kita melakukan tethering dari hp android ke laptop. Tujuannya yaitu supaya nonton video, browsing dan download tersebut lebih mudah dan lebih nyaman jika dilakukan dengan menggunakan laptop. 

Sebenarnya caranya gampang sekali dan mudah untuk diingat, tapi bisa jadi kendala jika kita sama sekali belum pernah melakukanya. Oleh karena itu dibawah ini akan kita bahas langkah-langkahnya:

Cara Membuat Hotspot Wi-Fi di HP Android

1. Buka setting atau setelan pada hp Android,
2. Pilih Jaringan dan Internet.


Cara Membuat hotspot di hp android
Pilih Menu Jaringan dan Internet

3. Pilih Hotspot & Tethering.
4. Pilih Hotspot Wi-fi.


Cara Menghubungkan hotspot Hp ke Laptop
Hotspot wi-fi

5. Kemudian pilih Nama Hotspot dan ketik Nama hotspot yang akan kita buat.

Cara tetring Hp ke Laptop
Input Nama Hotspot


6. Selanjutnya di Keamanan pilih WPA2 PSK. 

(Tujuannya untuk keamanan hotspot tersebut agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Kecuali jika orang tersebut tahu passwordnya).


Membuat Password Jaringan Hp ke Laptop
Pilih Opsi Keamanan

7. Di tab lanjutan kemudian pilih Sandi Hotspot. 

(Secara default, sandi atau password ini sudah disediakan oleh sistem. Tapi agar mudah mengingatnya, silahkan masukkan sandi yang kita inginkan. Minimal 8 karakter, bisa huruf atau angka. Bisa juga gabungan dari keduanya).

8. Setelah selesai selanjutnya pilih aktifkan hotspot.


Cara membuat Jaringan hotspot Hp ke Laptop
Aktifkan Hotspot/tetring

Sampai disini proses pembuatan hotspot Wi-Fi di smartphone sudah selesai. Langkah selanjutnya yaitu menghubungkan atau mengkoneksikannya ke laptop.

Cara Menghubungkan atau Tethering Hotspot Wi-Fi Smartphone ke Laptop

1. Hidupkan/nyalakan terlebih dahulu Wi-Fi di laptop

(Cara menyalakannya bisa menggunakan tombol keyboard lihat tombol yang ada gambar wifi atau sinyal, atau jika menggunakan windows 10 bisa mengklik gambar bola dunia dipojok kiri bawah kemudian klik wifi)


Menghubungkan Jaringan hotspot wifi Hp ke Laptop
Hidupkan Wifi Laptop

2. Setelah wifi laptop dinyalakan, tunggu beberapa saat hingga muncul nama hotpsot yang sudah kita buat di hp android tadi.

3. Klik Hotspotnya kemudian masukkan password, kemudian klik next. Jika ada pertanyaan silahkan pilih Yes.

4. Koneksi berhasil ditandai dengan munculnya tanda wifi atau sinyal dipojok kiri bawah seperti gambar berikut.
Cara Menghubungkan Jaringan Hp ke Laptop
Tanda Hotspot hp sudah terhubung ke laptop

Jika langkah-langkah tersebut diatas dilakukan dengan benar, maka bisa dipastikan membuat hotspot wifi di hp android dan mengkonesikanya ke laptop akan sukses. Tapi jika langkah tersebut sudah dilakukan dengan benar namun koneksi ke laptop gagal, maka kemungkinan besar ada permasalahan dengan laptopnya. Untuk mengatasinya, silahkan baca cara-caranya di Artikel: Penyebab Hotspot Wi-fi Smartphone gagal koneksi ke Laptop

Demikian artikel singkat tentang Cara membuat Hotspot di smartphone dan cara mengkoneksikanya ke Laptop. Mudah-mudahan artikel singkat ini bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!    
Baca juga
close
close