Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Cepat Membuat Email Menggunakan Gmail

Email atau dalam bahasa indonesia disebut dengan Surel (Surat Elektronik) adalah Sarana kirim mengirim surat melalui komputer yang memerlukan jaringan internet. Sama dengan surat biasa yang dikirim melalui POS, sebelum bisa memulai untuk menggunakan email terlebih dahulu harus mempunyai alamat email baik untuk alamat email pengirim dan alamat email penerima. 
Cara membuat email
Logo Gmail

Saat ini banyak sekali penyedia yang menyediakan layanan untuk pembuatan alamat email. Salah satunya yang paling terkenal adalah Gmail. Gmail ini adalah penyedia layanan yang dimiliki oleh google. Keuntungan membuat email dengan menggunakan email yaitu Google memberikan banyak aplikasi-aplikasi atau layanan lainnya. Dengan syarat harus membuat email dengan menggunakan gmail terlebih dahulu.

Setelah selesai membuat email dengan menggunakan gmail, maka otomatis akan mempunyai akun google dan bisa menggunakan email tersebut untuk mengakses dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dimiliki oleh google. Semisal : Google Playstore, Blogger, Google drive, google map, google foto dll. 

Lalu bagaimana cara membuat email melalui gmail? simak baik-baik penjelasan di bawah berikut ini :

Cara Membuat Email Menggunakan Gmail

Berikut langkah-langkah membuat email dengan menggunakan Gmail :
    Cara mudah membuat email
    Membuat Gmail 
  • Buka laman gmail.com (bisa menggunakan browser apa saja, seperti chrome, Internet explorer, mozzila firefox, dll. Tapi lebih disarankan menggunakan browser google chrome).
  • Pilih buat akun
  • Kemudian isikan biodata Nama, Nama pengguna (alamat email yang akan dibuat) dan isikan juga sandi atau password yang akan dipakai untuk login nantinya.
Tutorial membuat Gmail
Isi Kelengkapan email 
  • Klik Berikutnya kemudian isikan Nomor telepon (opsional) artinya boleh diisi dan boleh juga tidak diisi. 

(Jika email ini akan digunakan untuk jangka waktu yang lama maka disarankan untuk memasukkan nomor telepon. Karena nomor telepon ini berguna untuk pengamanan akun seandainya nanti Akun email di hack atau lupa password email. Jika memilih memasukkan nomor telepon maka akan dibawa ke menu Verifikasi nomor telepon, jika tidak maka akan langsung dibawa ke menu privasi dan persyarataan).

Membuat email cepat
Inputkan Nomor Telepon seluler

  • Setelah mengisikan nomor telepon, tanggal, bulan dan tahun lahir serta gender, kemudian klik berikutnya.
  • Di menu verifikasikan nomor teleon, pilih kirim. Google akan mengirim sms otomatis ke nomor telpon yang diisikan tadi berupa kode 6 digit. Periksa kotak masuk sms anda dan masukkan koder yang sudah dikirim
Cara mengamankan email
Masukkan 6 digit kode 
  • Kemudian klik verifikasi.
  • Setelah selesai verifikasi maka akan muncul menu privasi dan persyaratan, klik setuju.
  • Selesai dan sekarang anda bisa menggunakan email yang baru saja dibuat. Seperti contoh gambar dibawah :

Membuat email gmail
Kotak Masuk Gmail

Nah itulah Cara cepat membuat email menggunakan gmail, mudah-mudahan bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan. 

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close