Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Menghilangkan Iklan Pop Up di Google Chrome

Iklan Pop up atau Iklan Munculan adalah iklan yang berupa gambar atau animasi gift yang sering muncul secara otomatis di komputer atau hp Android. Iklan ini biasanya sering muncul begitu saja tanpa kita kehendaki. Tentu saja iklan ini sangat mengganggu, apalagi jika iklan itu berisi konten khusus untuk orang dewasa.

Iklan pop up ini biasanya muncul dikarenakan pada saat kita mengunjungi suatu laman atau situs website melalui perambah/browser google chrome tanpa sadar atau tanpa sengaja kita mengklik "allow", padahal seharusnya yang kita klik tanda "x" ataupun "block". Lihat gambar dibawah:


Cara Menghilangkan Iklan Munculan dan iklan pop up
Contoh Notifikasi berlangganan

Jika kita mengklik "allow" maka otomatis akan ada notifikasi dari situs tersebut atau biasa disebut iklan pop up tadi. Nah, bagaimana jika kita terlanjur mengklik allow tersebut dan ingin menonaktifkan notifikasi dari situs tersebut? Jangan khawatir karena pada artikel kali ini kita akan membahas Cara menonaktikan atau menghilangkan iklan pop up di google chrome baik itu di perangkat komputer maupun di smartphone.


Cara yang pertama: 

Menghilangkan, memblokir atau menonaktifkan Iklan Pop up di Komputer:

  1. Di komputer, buka Chrome.
  2. Di kanan atas, klik Lainnya .
  3. Klik Setelan/Setting.
  4. Di bagian "Privasi dan keamanan/Privacy and security", klik Setelan situs.
  5. Klik "Pop-up dan pengalihan/pop-ups and redirects".
  6. Pada "Izinkan/allow", cari situsnya.
  7. Di sebelah kanan situs, klik Lainnya Blokir.

Lihat gambar dibawah, disana akan terlihat situs-situs yang pop up dan redirectsnya di block ataupun yang di allow. Kita tinggal memilih Iklan pop up mana yang akan kita block.


Menghilangkan iklan yang muncul tiba-tiba
Pilih Iklan yang akan di block

8. Jika situs tidak terdaftar atau tidak ada di tampilan pop-ups and redirects, kita bisa menambahkan situs mana yang akan kita block. Caranya di samping "Blokir", klik Tambahkan/add. Masukkan alamat web situs, lalu klik Tambahkan. Untuk menangkap semua pop-up di seluruh situs, gunakan pola [*.]example.com.

9. Setelah melakukan cara-cara diatas tapi belum bisa juga menghilangkan Iklan pop up, kemungkinan yang terjadi adalah dikarenan kita sudah mensubscribe notifikasi. Untuk menonaktifkan subsrcibenya adalah dengan cara:

  • Di komputer buka google chrome.
  • Kunjungi laman/website yang ada iklan pop up tersebut.
  • Di Pojok kiri atas Pilih site setting/pengaturan situs .
  • Selanjutnyadi notifikasi/pop up, Pilih Block.

Menghilangkan, menonaktifkan atau memblokir iklan pop up di hp android atau smartphone:

  1. Di ponsel atau tablet Android Anda, buka aplikasi Chrome .
  2. Di sebelah kanan kolom URL, tap Lainnya Setelan.
  3. Tap Setelan situs Pop-up dan pengalihan.
  4. Ubah Pop-up dan pengalihan menjadi Diizinkan atau Blokir.

Jika cara-cara diatas sudah dicoba tetapi belum juga bisa menghilangkan iklan pop up dari baik komputer maupun dari tablet android anda, kemungkinan besar Iklan pop up tersebut adalah Malware atau saudara dari virus yang dibuat oleh seseorang untuk tujuan yang tidak baik. Untuk menghilangkanya kita perlu untuk melakukan "clean up komputer/pembersihan". Caranya yaitu:

  • Buka Google chrome
  • Pilih setting/pengaturan
  • Pilih advanced/lanjutan
  • Klik "reset and clean up"
  • Ada dua opsi yang bisa kita pilih yang pertama "restore setting to original default, mengembalikan setelan awal", lihat gambar:

Menghilangkan iklan yang sering muncul tiba-tiba
Restore setting dan clean up computer di chrome
  • Dan opsi yang kedua adalah "clean up computer", tujuanya adalah mencari dan mebersihkan malware yang ada di google chrome. Silahkan Pilih "find", seperti gambar dibawah:

Menghilangkan iklan yang muncul tanpa di klik
Clean up computer
  • Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses clean up selesai.

Baca Juga:


Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan atau menonaktifkan iklan pop up atau notifikasi yang keberadaanya cukup mengganggu. JSemoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close