Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Cara Upload dan Berbagi Dokumen di Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan online/daring milik Google. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB. 

Selain untuk menyimpan file berupa dokumen kerja, google drive juga bisa digunakan untuk menyimpan file berupa foto, video, aplikasi dan lain-lain. Dengan kata lain google drive adalah layaknya hard drive yang disimpan secara online. Kelebihan Google drive ini adalah semua document yang kita simpan di google drive bisa diakses kapan saja dan dimana saja asal ada jaringan Internet.

Oke, di artikel kali ini kita tidak akan panjang lebar membahas tentang google drive tapi kali ini kita akan membahas cara upload dan berbagi/sharing dokumen di google drive agar bisa diakses dan didownlod oleh orang secara pribadi maupun didownload secara publik.

Langsung saja berikut langkah-langkahnya, yang pertama yaitu proses upload.

Cara Upload Dokumen ke Google drive

1. Buka halaman google drive : https://drive.google.com/ 

2. Kemudian login menggunakan akun google masing-masing.

3. Setelah tampil halaman awal google drive, silahkan klik tanda "+ baru" atau bisa juga klik "Drive saya" kemudian pilih "upload".


Cara upload dokumen dan file ke google drive
Pilih Dokumen yang akan di upload/unggah

4. Pilih file/dokumen dari komputer anda yang ingin diupload ke google drive, stelah dipilih kemudian klik "open" dan tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai.

5. Jika upload selesai akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini:


Cara unggah file ke google drive
Dokumen berhasil di unggah

Di Google drive anda akan terlihat dokumen yang sudah terupload. Nah sampai disini proses upload dokumen sudah selesai kita lakukan.
Selanjutnya kita lanjut ke langkah beikutnya yaitu berbagi kepada teman atau kepada publik agar bisa di lihat atau didownload.


Cara Sharing/berbagi dokumen di google drive

1. Pilih dan Klik dokumen yang sudah kita upload tadi kemudian klik "berbagi" atau bisa juga klik kanan pada dokumennya kemudian klik "berbagi".

2. Langkah selanjutnya akan muncul jendela tampilan seperti dibawah: Ada 2 gambar dan dua opsi yaitu:


Cara berbagi atau sharing dokumen di google drive
Sharing atau berbagi file di google drive

Lihat gambar yang saya lingkari, opsi ini digunakan jika ingin berbagi dengan orang-orang tertentu saja. Masukkan emailnya kemudian pilih "selesai".

3. Opsi yang kedua yaitu, jika kita ingin berbagi kepada publik silahkan klik "salin link". Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah:



sharing link dari google drive
Salin Link

4. Pilih "Salin Link" dan kemudian Klik "selesai" maka anda sudah bisa membagikan link tersebut ke media sosial dan dapat dilihat dan didownload oleh siapapun.




Demikian artikel tentang Cara Upload dan Berbagi Dokumen di Google Drive Supaya Bisa Didownload. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close