Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Alasan Kenapa BIOS Harus diupdate dan Cara Update BIOS

Berikut ini beberapa alasan kenapa pengguna harus mengupdate BIOS yang terpasang pada komputer maupun Laptop : 

Cara Update Bios
Tampilan Bios

1. BIOS yang sudah usang

BIOS ini tidak bisa diupdate otomatis seperti layaknya sistem operasi Windows atau program-program lain yang ada pada perangkat komputer. Untuk update BIOS harus dilakukan secara manual. Oleh sebab itulah jika pengguna tidak pernah mengupdate BIOS maka otomatis versi BIOS yang terpasang di perangkatnya adalah versi lama. 

Jika pengguna ingin mendapatkan pembaharuan maka harus mengupdate BIOS nya secara manual. Update BIOS ini memungkinkan perangkat keras yang terpasang pada komputer bisa bekerja lebih maksimal dibanding versi sebelumnya  

2. Mengganti dan Menambah Perangkat Keras

Jika pengguna memasang perangkat keras/hardware tambahan atau mengganti perangkat keras pada komputer maupun laptop, seperti RAM, VGA Card, Processor, maka supaya bisa dibaca dan diidentifikasi dengan baik oleh motherboard maka diperlukan update pada BIOS. 

Jika BIOS tidak di update, kemungkinan besar yang terjadi adalah motehrboard tidak bisa mengenali perangkat yang baru di pasang. Sehingga pemasangan Perangkat tersebut menjadi sia-sia. 

3. Pembaharuan Keamanan

Jika motherboard mendukung pemindaian atau scan pada sektor boot. Maka Update yang dilakukan pada BIOS akan menambah dan  memperkuat sistem keamanan yang bisa membantu BIOS untuk menahan gangguan dari serangan virus, dan meningkatkan kewaspadaan terhadap virus sektor boot. 

4. Meningkatkan stabilitas 

Bug atau gangguan yang terjadi pada motherboard dan masalah-masalah lain yang mungkin ditemukan pada motherboard adalah salah satu alasan mengapa BIOS harus diupdate. Penyedia layanan atau pabrikan akan merilis pembaruan BIOS untuk mengatasi dan memperbaiki jika ditemukan bug pada motherboard tersebut. 

Bagaimana Cara mengupdate Bios dengan Benar?

Sebelumnya update pada bios ini sukar sekali untuk dilakukan, karena efek yang akan terjadi jika terjadi kesalahan Update BIOS sangatlah besar. Salah satu dampaknya jika terjadi kegagalan update BIOS yaitu Perangkat Keras yang terpasang pada motherboard tidak bisa dikenali sehingga menyebabkan kegagalan pada sistem. Jadi kebanyakan pengguna enggan melakukan update BIOS dan tetap memakai Bios versi lama. 

Namun saat ini untuk melakukan update BIOS cukup mudah, dan resiko kegagalannya pun sangatlah kecil. Syarat utamanya yaitu pengguna harus mempunyai Akses Internet. Dan tergantung dari merk perangkat keras (Laptop, Komputer) yang digunakan.

Untuk melakukan update BIOS, pengguna cukup mengunjungi website sesuai dengan merk perangkat yang digunakan. Berikut ini daftar Website yang menyediakan update BIOS Sesuai Merk perangkat masing-masing dan Software yang harus diinstal supaya bisa melakukan update BIOS:

  1. Asus: asus.com. 
  2. Acer: acer.com
  3. HP: hp.com
  4. Toshiba: toshiba.com
  5. Dell: dell.com

Untuk laptop merk-merk lain bisa dicari di laman pencarian google, saat ini semua produsen laptop, notebook, PC, sudah menyediakan website untuk merk dagang masing-masing.

Laptop, notebook dan PC seperti asus, hp dan dell jika ingin melakukan update BIOS cukup menginstall aplikasi yaitu : My Asus untuk Asus, HP Support Asisten untuk Merk HP dan Dell SupportAsist untu merk Dell.  

Setelah Aplikasi diinstal, pengguna bisa langsung mengidentifikasi dan mengenali tipe BIOS yang digunakan dengan menggunakan Aplikasi yang sudah terinstall. Dan di Aplikasi tersebut juga versi update BIOS untuk perangkat anda akan langsung tersedia (Jika ada update) 

Sedangkan untuk Laptop dan PC merk lainnya seperti Toshiba, Acer, dll untuk update bios bisa mengakses menu support di laman website perangkat masing-masing. Biasanya di laman support, pengguna diharuskan menginput model/tipe atau serial number dari perangkat yang digunakan agar versi BIOS nya bisa dideteksi secara otomatis.

Nah setelah proses identifikasi versi bios sudah dilakukan dan versi bios sudah dikenali, kemudian lakukan download pada versi BIOS terbaru yang tersedia di website merk perangkat masing-masing. Untuk proses update atau installasi updae BIOS nya, ikuti langkah-langkah dan petunjuk yang tersedia di sana. 

Pengguna diharapkan untuk memperhatikan petunjuk-petunjuk yang ada dan menjalankan langkah-langkahnya dengan benar. Supaya tidak ada kesalahan dan kegagalan update pada BIOS.  

Baca juga :



Itulah beberapa alasan mengapa BIOS harus di update dan cara untuk mengupdate bios di semua merk. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close