Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Mengenal De Mikroskop Portal Data Laboratorium IPA

PENGERTIAN De-MIKROSKOP


De-MIKROSKOP adalah  suatu portal data laboratorium IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) sekolah. Portal ini memuat Profil Laboratorium IPA, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi di semua jenjang pendidikan, termasuk di dalamnya berisi Profil Kepala Laboratorium, Tenaga Laboran dan Teknisi Laboratorium, berikut sarana dan prasarana yang dimiliki. De-MIKROSKOP dikelola oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Bandung, Jawa Barat. 


Logo De Mikroskop


Pengguna De-MIKROSKOP 

Pengguna De-MIKROSKOP adalah semua stakeholder pendidikan, mulai dari pemangku kepentingan di tingkat pusat maupun di tingkat daerah, serta sekolah dan badan usaha di sektor pendidikan. Ada 4 level pengguna pada De Mikroskop yaitu:

1. Akun UPT




Diberikan dan dimiliki oleh UPT (PPPPTK IPA) sebagai pengelola De-MIKROSKOP. Akun ini memiliki kewenangan untuk mereset akun Dinas Pendidikan dan akun sekolah, melakukan rekapitulasi data laboratorium yang masuk kedalam DeMIKROSKOP.

2. Akun Dinas




Diberikan oleh UPT (PPPPTK IPA) dan dimiliki oleh Dinas Pendidikan di daerah. Akun ini memiliki kewenangan merekapitulasi data laboratorium sekolah di wilayahnya.

3. Akun Laboratorium Sekolah




Diberikan oleh UPT (PPPPTK IPA) dan dimiliki oleh sekolah (Kepala Laboratorium Sekolah). Akun ini memiliki kewenangan untuk mendata sarana dan prasarana laboratorium di sekolahnya, membuat dan mereset akun dibawahnya (Akun Laboran).

4. Akun Laboran



Diberikan oleh pemegang Akun Laboratorium Sekolah (Kepala Laboratorium Sekolah). Akun ini dimiliki oleh tenaga laboran/teknisi laboratorium sesuai dengan kewenangan dan tugasnya sebagai laboran/teknisi laboratorium di sekolahnya.

FUNGSI DAN KEGUNAAN DE MIKROSKOP


Fungsi dan kegunaan De mikroskop yaitu untuk mempermudah para guru IPA yang juga berperan sebagai kepala laboratorium agar dapat terkoneksi dan terstandar di seluruh Indonesia. Untuk lebih memahami tentang fungsi dan kegunaan  De-MIKROSKOP bisa dilakukan dengan membaca referensi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Laboratorium Sekolah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 26 tahun 2008 tentang Standardisasi Tenaga Laboratorium Sekolah.


CARA MENGGUNAKAN DE MIKROSKOP UNTUK SEKOLAH

Saat pertama kali menggunakan de mikroskop, sekolah terlebih dahulu harus melakukan registrasi. Data yang harus disiapkan sebelum melakukan registrasi yaitu :

  1. NPSN Sekolah (Wajib), 
  2. NUPTK/No. UKG Kepala Sekolah (Wajib), 
  3. NUPTK/No. UKG Kepala Laboratorium Sekolah (Wajib), 
  4. Email aktif (Wajib).

Langkah-langkah registrasi de mikroskop yaitu: 

Menu Selamat Datang De Mikroskop
Menu Selamat Datang De Mikroskop

  • Setelah klik registrasi kemudian muncul form registrasi. Isi form sesuai dengan data yang sudah dipersiapkan.

Formulir Registrasi De Mikroskop

  • Klik Simpan

Selanjutnya pengguna sudah bisa melengkapi data-data yang berkaitan dengan laboratorium IPA. Isilah sesuai dengan tugas dan kewenangan pengguna.


Demikian sedikit penjelasan tentang De Mikroskop, jika ada koreksi atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat...!!! 


Baca juga
close
close