Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Membuat Server/Ad Hoc di Windows 10

Bagaimana membuat  server atau ad hoc atau jaringan computer to computer di Windows 10?

Harusnya Windows 10 lebih lengkap dan lebih nyaman digunakan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, tapi entah kenapa ternyata di Windows 10 tidak ditemukan menu "Set up a wireless ad hoc (Computer-to-computer) network" di tab "Set Up New Connection or Network" seperti yang ada di Windows 7.  

Apa mungkin karena belum di update atau memang kita yang tidak bisa menemukannya?

Jika memang menu tersebut tidak ada atau memang dihilangkan, lalu bagaimana kita bisa membuat Jaringan agar bisa menghubungkan Laptop yang satu ke Laptop yang lainnya tanpa melalui kabel LAN? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering diungkapkan oleh sahabat-sahabat yang kesusahan untuk membuat jaringan ad hoc di Windows 10. Karena memang di Windows versi sebelumnya menu tersebut memang ada di Windows dan mempermudah untuk membuat jaringan computer to computer.

Tapi sahabat-sahabat jangan bingung dahulu, karena pada artikel kali ini kita akan mencoba untuk belajar cara Membuat Server atau ad hoc di windows 10. Cara ini sebenarnya agak rumit jika dibandingkan dengan membuat jaringan di windows versi sebelumnya. Apalagi untuk sahabat-sahabat khususnya yang masih pemula, tapi jika dipelajari dan dibaca satu persatu dengan baik, mudah-mudahan Cara membuat server ad hoc di Windows 10 tidak akan ada kendala.

Langkah-langkah membuat hostpsot di Windows 10


  • Pada menu pencarian di tombol start, ketikkan CMD , kemudian; 
  • Klik enter. Atau bisa juga tekan Windows + R pada keyboard kemudian ketikkan CMD. Maka akan muncul tampilan Command Prompt.

Cara membuat server/ad hock/hotspot di windows 10
Tampilan Command prompt
  • Kemudian di Command Prompt ketikkan: netsh wlan show driver
  • Selanjutnya akan muncul keterangan tentang wlan anda, 
  • Cek pada bagian Hosted Network supported kalau YES berarti laptop bisa digunakan untuk membuat server/ad hoc. Klo NO berarti laptop sahabat tidak support dengan Ad hoc dan otomatis kita tidak bisa membuat jaringan/ad hoc. Solusinya silahkan instal driver terbaru atau cari Laptop yang bisa support dengan ad hoc.
  • Jika YES, ketikkan kode berikut: 

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Nama Jaringan/hotspot yang akan digunakan key=Password Jaringan

Keterangan: 
Ganti tulisan yang berwarna biru dengan nama jaringan yang akan dibuat
Ganti tulisan yang berwarna merah dengan password yang akan digunakan ( Minimal 10 karakter)

Contoh pengisian: 

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=asus key=1234567890

(Nama jaringan yang kita buat: asus, passwordnya: 1234567890


  • Setelah mengetikkan perintah diatas maka otomatis jaringan ad hoc yang akan kita buat telah selesai.
  • Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menjalankan settingan atau mengaktifkan jaringan ad hoc yang telah kita buat tadi. 
  • Caranya yaitu masih pada tampilan cmd atau command prompt, ketikkan: 

netsh wlan start hostednetwork

  • Ad hoc atau jaringan computer to computer sudah selesai kita buat dan siap untuk di koneksikan dengan laptop atau jaringan lainnya.
  • Untuk membuktikan apakah jaringan yang kita buat tadi berhasil atau tidak, silahkan mencoba koneksikan dengan menggunakan laptop yang lain. Cari nama jaringan yang telah kita buat tadi dan masukkan password nya.  

Baca juga : 


Jika langkah-langkah diatas dilakukan dengan cara yang baik dan benar, mudah-mudahan sahabat akan berhasil membuat jaringan Computer to computer atau ad hoc

Demikian sedikit artikel yang bisa saya bagikan, mungkin masih ada cara lain. Tapi cara ini untuk sementara yang lebih gampang. Jika ada kendala atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...!!!
Baca juga
close
close