Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Mengerjakan PMP Menggunakan HP Android atau Smartphone

Jumpa lagi sahabat Operator, setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang  Cara Mengerjakan PMP dengan Menggunakan Banyak Laptop, kali ini kita akan Membahas Cara Mengerjakan PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) dengan Menggunakan HP Android atau Smartphone

Cara Mengisi PMP dengan Hp android smartphone
PMP

Tentunya akan lebih mudah lagi mengerjakan PMP jika sahabat mengetahui cara ini. Karena rata-rata Guru, Tendik, Siswa, Komite dan Pengawas di zaman sekarang sudah memiliki HP android. Jadi kita tinggal setting sedikit saja di Laptop dan HP android nya. 

Oke, pertama-tama sahabat siapkan dulu secangkir kopi, bagi sahabat yang merokok siapkan rokok dan jangan lupa gorengan. Langkah selanjutnya, siapkan Laptop yang sudah terinstal aplikasi PMP, siapkan juga HP android yang masih bagus, karena klo HP androidnya sudah rusak percuma saja.

Setelah semua siap, koneksikan terlebih dahulu Laptop sahabat ke HP android yang akan digunakan untuk pengisian PMP. Klo bahasa gaulnya "tethering;tetring;numpang wifi;wifian". Tentunya sudah pada paham dengan cara tersebut. Klo belum paham baca caranya disini: Membuat Jaringan Smartphone agar bisa Terhubung atau Terkoneksi ke Laptop 

Setelah Laptop terkoneksi dengan jaringan Handphone, kemudian kita cek terlebih dahulu ip addres laptop. Caranya: 

  • Tekan windows + R di laptop secara bersamaan, kemudian setelah muncul menu Run ketikkan cmd, maka akan keluar tampilan command prompt
  • Atau bisa juga melalui Start-Search-kemudian ketikkan Command Prompt 
  • Setelah muncul tampilan Command Prompt, ketikkan kode berikut: ipconfig 
  • Maka disana akan terlihat ip address dari laptop tersebut. Lihat gambar di bawah:
  
Mengerjakan PMP menggunkan smartphone
Cek IP Addres di Komputer

  • Gambar yang saya lingkari adalah ip addres laptop. Disini terlihat ip addres laptop nya adalah: 192.168.43.115
  • Setelah mendapatkan ip addres, langkah selanjutnya yang harus sahabat lakukan adalah membuka browser di HP android. Bisa Menggunakan browser google chrome, mozzila firefox atau bisa juga Opera. Tapi direkomendasikan untuk menggunakan Google Chrome
  • Kemudian di Adrres Bar nya ketikkan IP dari Laptop tadi yaitu : 192.168.43.115, dan diujungnya ditambahkan :1745
  • Jadi persisnya seperti ini: 192.168.43.115:1745. Kenapa diujungnya ditambahkan 1745? Karena itu adalah Port dari PMP
  • Setelah diketik kemudian tekan Enter
  • Selesai

Jika langkah tersebut sudah dilakukan dengan benar, tetapi Halaman Aplikasi PMP tidak muncul di hp Android ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi, yaitu: Windows Defender Firewall di Laptop masih Aktif dan kemungkinan lain yaitu Cache Browser di Smartphone belum dibersihkan. 
 
Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, baca cara-caranya disini:

Menonaktifkan Windows Firewall di Komputer


Setelah langkah-langkah diatas sudah kita lakukan, maka Otomatis  Mengerjakan PMP dengan menggunakan Smartphone akan berhasil. 

Tapi tunggu dulu, bagaimana jika sahabat ingin mengisi PMP dengan HP android lainnya?
Tenang, jangan dulu panik. Sahabat tinggal menghubungkan HP android yg lain ke HP android yang  jadi servernya tadi, baca:tethering;tetring;numpang wifi;wifian. Kemudian buka browser dan ketikkan seperti diatas:  192.168.43.115:1745 dan lihat hasilnya HP android yang lain pun bisa mengerjakan PMP. 

Bagaimana? mudah bukan?  
Demikian artikel singkat tentang Cara mengisi kuesioner PMP menggunakan smartphone. Mudah-mudahan cara ini bisa membantu meringankan pekerjaan sahabat-sahabat Operator. Jika ada kendala atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...!!!

Baca juga
close
close