Berbagi Pengalaman tentang Dapodik, ERaport dan Info-Info lainnya Seputar Pengetahuan

Definisi, Fungsi dan Cara Menggunakan Google Drive

Apa itu Google Drive?

Pengertian Google drive adalah media penyimpanan online yang dimiliki google. Fungsi Google drive hampir sama dengan Fungsi Hard Drive pada komputer, yaitu tempat menyimpan data dan dokumen. Bedanya data di hard drive tersimpan di penyimpanan lokal dan hanya dapat diakses melalui perangkat tersebut. 


Pengertian, kegunaan dan cara memakai google drive
Google Drive

Sedangkan data yang tersimpan di Google Drive bisa diakses dimana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja. Yah, dengan menggunakan google drive pengguna tidak harus membawa perangkat (laptop) untuk bisa membuka data nya. Tapi bisa menggunakan perangkat lain atau meminjam perangkat milik orang lain. 

Misalnya saat akan melakukan presentasi pekerjaan atau mengumpulkan tugas sekolah tapi perangkat (laptop) yang akan digunakan ketinggalan dirumah, kita tidak harus mengambil laptop tersebut untuk bisa melakukan presentasi dan mengumpul tugas. Tapi bisa menggunakan perangkat lain untuk membuka data tersebut asal data-datanya sudah disimpan di google drive.    

Tak hanya itu saja, data yang tersimpan di google drive juga bisa dibagikan/share sehingga data tersebut bisa dibuka dan diakses oleh orang lain.

Cara menggunakan google drive

Setelah memahami pengertian dan fungsi google drive, selanjutnya kita akan membahas cara menggunakan google drive. Untuk bisa menggunakan google drive ada syarat-syarat tertentu yang harus terpenuhi, yaitu :

  1. Harus memiliki Akun Google, atau email yang dibuat menggunakan gmail. Jika belum mempunyai akun gmail, silahkan baca disini cara membuat gmail: Cara Cepat membuat email menggunakan Gmail  
  2. Memiliki Akses Internet
Jika sudah memiliki akun gmail dan memiliki akses internet, maka kita sudah bisa memulai untuk menggunakan google drive. Goolge drive sendiri menyediakan layanan yang bisa digunakan di Komputer dan Smartphone. 

Untuk penggunaan google drive di smartphone bisa diakses melalui aplikasi yang bernama google drive dan juga bisa melalui perambah atau browser yaitu dengan mengunjungi laman : drive.google.com. Sedangkan untuk di komputer diakses langsung melalui browser dan mengunjungi laman yang sama yaitu: drive.google.com

Selanjutnya setelah google drive terbuka, pengguna bisa langsung mengupload dokumen, foto, lagu, video, dll. Tapi penyimpanan gratis di google drive dibatasi hanya 15 Gb. Jika ingin menyimpan dokumen yang berukuran lebih dari 15 Gb, pengguna bisa menambah ruang penyimpanan berbayar. 

Untuk mengupload dokumen, mengedit dan membagikan dokumen, cara-caranya bisa dibaca di sini : Cara Upload Dokument ke Google drive dan Cara Membagikannya 

Itulah Pengertian dari google drive, fungsinya dan cara penggunaanya. Semoga penjelasan singkat diatas bisa membantu sahabat-sahabat untuk mengenal lebih jauh tentang google drive.

Semoga bermanfaat...!!!

Baca juga
close
close